Health  

Tantangan Modern: Meningkatkan Kesadaran Akan Kesehatan Mental

DEPOKPOS – Menjaga kesehatan mental menjadi sangat penting. kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang memiliki kemapuan untuk mengelola emosi, pikiran dan prilaku dalam mengatasi tantangan dalam kehidupan. Dengan kondisi mental yang stabil tentunya memberikan beberapa efek seperti suasana hati yang membaik dan membantu menjalani kehidupan yang lebih tenang, bahagia, serta produktif.

Namun, masih banyak sekali orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari tekanan sosial, pekerjaan, pertemanan,dan faktor lingkungan, serta kurang nya kesadaran bahkan abai dalam menjaga mental yang stabil membuat banyak orang mengalami gangguan mental seperti depresi, kecemasan, sulit mengontrol emosi, perubahan prilaku yang drastis,dan banyak lagi.

Masalah gangguan kesehatan mental dikalangan masyarakat terutama dikalangan remaja cukup tinggi. Upaya yang harus kita lakukan adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya mental yang sehat, apalagi ditengah maraknya tentang kasus bunuh diri pada remaja dalam beberapa tahun belakangan ini, yang terus meningkat.

Berikut ini membahas sedikit hal sederhana yang bisa di lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental.

BACA JUGA:  Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental dan Psikologi Korban

Memberikan Edukasi

Salah satu penangulangan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental yaitu memberikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan mental sama pentingnya seperti kita menjaga fisik kita.

Menjauh dari lingkungan sosial yang toxic

Mencoba menjauhi diri dari orang-orang atau lingkungan yang memberikan dampak negatif kepada diri kita yang akan berpengaruh kepada mental. Cari lah teman atau berhubungan dengan orang tersayang yang akan menciptakan lingkungan yang baik dengan energi positif pada diri kita.

Memberikan afirmasi positif pada diri sendiri

Mengatakan atau memberikan afirmasi positif kepada diri kita sendiri, cobalah mengubah cara berfikir tentang diri sendiri, karena penelitian menunjukkan bahwa cara kita berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita. Maka jika kita memikirkan hal negatif kepada diri sendiri akan merasakan efek negatifnya, sebaliknya jika kita berfikir positif dan mengatakan hal-hal positif pada diri maka akan membuat diri kita menjadi lebi optimis.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga salah satu upaya terbaik untuk mengurangi gangguan kesehatan mental, karena dengan olahraga tubuh kita akan melepaskan endofin yang membantu mengurangi setres dan meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik dan positif.

BACA JUGA:  Mengenal Bahaya Eyelash Extensions: Waspadai Risiko dan Dampaknya pada Mata

Mengatur pola makan yang sehat

Makan makanan yang bernutrisi dengan gizi seimbang, sangat membantu dalam menjaga kesehatan fisik dan mental kita

Istirahat yang cukup

Mengubah pola tidur menjadi teratur serta cukup sangat penting di karnakan kurang tidur memiliki efek yang cukup signifikan pada perasaan dan suasana hati yang akan mempengaruhu kondisi kesehatan mental kita.

Memiliki waktu bersantai

Menikmati waktu untuk bersantai serta beristirahat, anda dapat melakukan hobi yang menyenangkan atau hanya bersatai bersama keluarga atau teman hal ini adalah upaya untuk memberikan ruang dan menciptakan ketenangan pada perasaan kita, untuk mengurangi tekanan seperti stres yang mengganggu kesehtan mantal.

Terbukalah dengan seseorang

Cobalah terbuka dengan seseorang yang anda percayai, orang yang bisa membuat anda aman serta nyaman seperti keluarga atau teman. Dengan terbuka dan mau bercerita dangan orang lain salah satu bentuk cara mengurangi tekanan yang anda rasakan.

Dan jika anda meraskan masalah gangguan mental yang cukup serius, segeralah mencari bantuan dari dokter atau profesional jika memang kamu memerlukannya, serta dapat membantu anda menemukan cara untuk mengatasi masalah dan memberikan penangannya serta dukungan yang mungkin ada butuhkan.

BACA JUGA:  5 Bahaya Rokok Elektrik: Peringatan Dampak Kesehatan yang Serius

Untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga mental pada semua generasi, membutuhkan upaya bersama bagi semua pihak, seperti lingkungan sosial, disekolah, dilingkungan kerja, serta kepada seluruh anggota keluarga. Dengan selalu memberikan edukasi dan membantu semua generasi agar peka dan tidak mengabaikan lagi dalam menjaga kondisi mental yang sehat dan stabil untuk membangun masa depan yang lebih cerah lagi.

Zilvitia Agustin, Mahasiswi Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818