Sulit Membangun Hubungan Dengan Orang Lain? Perbaiki Cara kamu Berkomunikasi dengan 6 tips ini

DEPOKPOS – Di dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi, entah itu secara individu maupun berkelompok. Salah satu tujuan berkomunikasi yakni untuk dapat menjalin hubungan yang lebih mendalam dimana saat proses komunikasi kita dapat saling menjadi pendengar yang baik sekaligus terjadi feedback diantara keduanya.

Komunikasi merupakan sebuah pondasi dalam sebuah hubungan, saat kita ingin menjalin hubungan baik dengan orang lain misalnya pacar atau kerabat dekat cara kita berkomunikasi dapat menentukan keberhasilan atau kelangsungan hubungan tersebut.

Tidak sedikit orang mendapati masalah didalam hubungan mereka dikarenakan cara ia berbicara atau berkomunikasinya yang kurang baik, sering terjadi miskom dan kurang bisa memahami antara satu sama lain merupakan penyebab utama suatu hubungan menjadi renggang.

Mari kenali diri kita sendiri dengan melihat cara kita berkomunikasi apakah terdapat masalah yang menyebabkan kita sering bertengar atau dibuat cuek oleh lawan bicara kita,

Buat kamu yang ingin mempunyai hubungan yang harmonis pastikan cara kamu berkomunikasi tidak keliru ya, berikut ada beberapa tips cara agar kita memiliki gaya berkomunikasi yang baik dan efektif yang tentunya akan membuat hubungan yang kalian inginkan semakin langgeng.

BACA JUGA:  Pilar Manajemen yang Kuat sebagai Pengelolaan Sumber Daya dan Mengarahkan Visi

Menjadi Pendengar yang baik
Saat berkomunikasi kita bisa mendengarkan lawan bicara kamu dengan penuh perhatian, kemampuan mendengar yang baik dapat membantu melancarkan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jadi pastikan kamu bisa menjadi pendengar yang baik ya.

Pahami dan Hargai Orang Lain
Memahami dan menghargai orang lain adalah cara yang tepat untuk menjalin hubungan baik dengan siapa pun. Mulai dengan memahami karakter orang lain dan memberikan respons yang tepat, memahami audiens berusaha untuk memahami minat dan preferensi audiens dapat membantu ketika menciptakan komunikasi yang harmonis hal ini bisa dilatih dengan mengasah empati kamu.

Jangan Sok Memberi Nasihat
Dalam situasi di mana orang lain bercerita tentang kondisi dan perasaannya, tahan diri untuk memberikan nasihat. Coba dengarkan dulu keluh kesahnya dan tunggu sampai orang tersebut meminta kamu untuk memberikan nasihat. Hal ini karena adakalanya seseorang hanya ingin didengar saja.

Menjadi lebih terbuka
Untuk dapat tune in ke orang lain, kita perlu membuka diri dan mendengarkan mereka dengan menggunakan mata, telinga, dan hati. Hal ini dapat kamu lakukan dengan menyadari dan memandang lawan bicara kamu baik itu satu orang atau banyak orang

BACA JUGA:  Apa Itu 'Catcalling' yang Disebut Anies dalam Debat Capres?

Menemukan kesamaan
Hal paling mudah yang dapat knda lakukan adalah dengan mencari topik yang menarik bagi kedua belah pihak untuk dibahas. Ketika kesamaan tersebut terjadi, maka secara natural akan merasa terhubung dengan lawan bicara.

Mengekspresikan Emosi dan Pikiran
Meski orang introvert cenderung memendam masalah dan menanggungnya sendiri, namun bukan berarti kamu tidak boleh mengekspresikan emosi atau pikiran di depan orang lain. Kamu bisa mengekspresikan emosi dan pikiran dengan tujuan agar orang terdekat memahami kondisimu seperti apa.

Nah dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharap kamu dapat meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan orang lain. Tidak harus semua tips tersebut langsung bisa dipraktekan, mulailah secara perlahan dengan menerapkan beberapa point yang sekiranya kamu bisa dan mudah untuk melakukanya, yang terpenting jangan takut untuk memulai sebuah perubahan, semoga berhasil.

M. Chavid Rikza Al-Chusna

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818