Sampah di Depok Sempat Menumpuk, Truk Sampah Sudah Bisa Kembali Masuk TPA Cipayung

Pengangkutan dan penurunan sampah sudah berjalan normal kembali

Melalui kerja sama ini, ketiga pihak akan melaksanakan cooperative framework untuk memperluas kolaborasi trans-boundary value chain CCS

DEPOK – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok sempat ditutup selama dua hari 13-14 Mei 2024 imbas penanganan longsoran sampah di jalan opersional TPA, kini sudah dibuka kembali. Pengangkutan dan penurunan sampah sudah berjalan normal kembali.

“Alhamdulillah pagi ini sudah mulai bisa buang lagi, memang yang kita perbaiki itu penumpukan sampah dibibir manuver (tempat penurunan sampah),” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman, Rabu (15/05/24).

Dia menjelaskan, dengan penataan yang dilakukan selama dua hari kemarin, tersedia tempat untuk menampung sampah selama setahun ke depan. Namun, pihaknya juga akan melakukan evaluasi ketersediaan tempat penampungan selama tiga bulan sekali.

“Sekarang kondisinya sudah datar diatas, sehingga sampah sudah bisa masuk,” terang Abdul Rahman.

Selain itu, untuk menghindari truk sampah yang mengular di hari pertama pembukaan kembali TPA Cipayung, pihaknya telah mengatur jadwal pengangkutan sampah berdasarkan wilayah.

“Kita lakukan rekayasa pengaturan masuknya truk sampah dengan memberikan jam-jam khusus untuk setiap wilayah,” kata dia.

BACA JUGA:  Daftar Lengkap Korban Tewas dan Terluka Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana Depok

Selain upaya sementara tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pembuangan sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo.

“Ini sudah masuk dalam strategi pengolahan sampah hingga 2030. Termasuk juga, pembangunan fasilitas pengolahan sampah menjadi RDF (Refuse Derived Fuel) dengan kapasitas 300 ton yang lokasinya ada di TPA sekarang,” jelasnya.

“Saat ini sedang proses lelang di Kementerian PUPR, dengan harapan 2025 sudah mulai beroperasi,” tandasnya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818