Kunci Keberhasilan Komunikasi : Mengenal Peranan Kalimat Majemuk dan Efektif

Kalimat adalah satuan Bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh

DEPOKPOS – Dilihat dari pengertiannya, bahwa kalimat merupakan satuan Bahasa yang lengkap yang mengandung maksud. Kalimat adalah satuan Bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh.

Imam Syafii mengatakan (1990:116) dalam sebuah komunikasi, kalimat memiliki peranan yang sangat penting, terlebih dalam komunikasi tertulis. Kejelasan makna kalimat menjadi kunci keberhasilan komunikasi antara penulis dan pembaca.

Oleh karena itu, dalam setiap komunikasi, khususnya komunikasi tertulis dibutuhkan kalimat-kalimat yang baik. Kalimat yang jelas dan baik akan mudah dipahami, demikian itu disebut dengan kalimat efektif.

Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan sesuai yang diharapkan oleh penulis atau pembicara.

Dengan kata lain bahwa kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan gagasan, maksud atau informasi kepada orang lain secara lugas, sehingga gagasan tersebut dapat dipahami secara sama oleh pembaca maupun pendengar. Demikian itulah kalimat efektif harus bercirikan kelugasan, ketepatan, kejelasan, kehematan, keutuhan, dan kesejajaran.

Demikian itu juga dilihat dalam penyusunan sebuah paragraf, kamu bisa mengkombinasikan dua atau lebih kalimat tunggal menjadi satu. Kombinasi kalimat tunggal itu lah yang disebut sebagai kalimat majemuk. Kalimat majemuk merupakan kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal.

BACA JUGA:  Kebijakan Moneter dalam Permintaan Agregat

Kedua kalimat tersebut dihubungkan oleh konjungsi dan setelahnya melebur menjadi klausa. Kalimat majemuk juga dapat diartikan sebagai kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih. Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam menyusun kalimat majemuk adalah penggunaan kata hubung atau konjungsi.

Dalam suatu kalimat majemuk, konjungsi memiliki peranan yang cukup penting untuk menjadi sebuah jembatan antara dasar kalimat dengan kalimat yang lain dalam satu kalimat majemuk.

Ada dua jenis konjungsi yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa klausa tersebut yakni konjungsi subordinatif dan koordinatif. Konjungsi subordinatif yaitu konjungsi untuk menghubungkan klausa bebas dengan klausa terikat.

Sedangkan konjungsi koordinatif yaitu konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa bebas atau lebih. Kalimat majemuk dibagi menjadi 3 yaitu kalimat majemuk setara (KMS), kalimat majemuk bertingkat (kmb), dan kalimat majemuk kompleks (KMK).

Memahami dari peranan kedua kalimat diatas, berkesimpulan bahwa kalimat memiliki peranan yang sangat penting lebih-lebih dalam komunikasi tertulis. Kejelasan makna kalimat menjadi kunci keberhasilan komunikasi antara penulis dan pembaca.

BACA JUGA:  Membangun Kebiasaan Membaca di Era Digital

Dalam setiap komunikasi, khususnya komunikasi tertulis, dibutuhkan kalimat-kalimat yang baik dan juga efektif.

Almeda Meiyanti Saputri, Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818