Generasi Z dan Teknologi

DEPOKPOS – Generasi Z atau Gen Z kerap kali di kaitkan dengan teknologi digital yang saat ini sangat berkembang pesat.

Dalam kehidupan sehari hari pasti ada teknologi yang di pakai, seperti saat berbelanja, membayar, berdiskusi, berkomunikasi, mencari informasi, pengetahuan, sampai memesan makanan.

Sering kali yang menggunakan teknologi tersebut adalah Gen Z, karena kebanyakan dari Gen Z sangat memahami tentang teknologi dan mengetahui kapan dan bagaimana cara menggunakannya.

Teknologi sudah seperti teman atau sahabat bagi Gen Z, seperti contohnya gadget, laptop, tab, komputer dan lain sebagainya yang setiap saat di gunakan.

Teknologi memang sangat mempermudah dan menguntungkan bagi Generasi Z jika di gunakan dengan baik. Seperti dalam perkuliahan yang membutuhkan laptop atau komputer sebagai salah satu media pembelajaran.

Teknologi juga dapat di manfaatkan dengan baik oleh Gen Z untuk menambah wawasan dan pengetahuan, menjadi ladang untuk mencari lowongan pekerjaan, menjadi tempat untuk menghasilkan karya yang dapat memotivasi.

Gen Z juga dapat mempelajari terkait teknologi itu sendiri dan kemudian berinovasi menciptakan karya yang mungkin bisa menjadikan Gen Z sebagai salah satu orang yang mengembangkan teknologi dengan baik.

BACA JUGA:  Mudik, Momentum Healing Masyarakat Indonesia

Pastinya kita semua sering mendengar kalimat Segala sesuatu tidak baik jika digunakan secara berlebihan. Sama hal nya dengan teknologi jika digunakan secara berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang cukup penting untuk di perhatikan, seperti terlalu lama membuka laptop atau komputer dapat membuat kesehatan mata menurut, dan istirahat tidak cukup.

Jika digunakan untuk hal yang kurang baik juga akan membuat Gen Z tersebut tidak mendapatkan manfaat dari teknologi yang bagus.

Banyak kasus yang dapat kita ambil contoh seperti mahasiswa yang terlibat judi online, itu adalah contoh dari penggunaan teknologi untuk hal yang kurang baik, mungkin sebaiknya bisa di ganti dengan investasi atau penanaman modal daripada berjudi online.

Jadi mau secanggih dan sebagus apapun teknologi jika kita sendiri tidak menggunakan nya dengan baik maka akan merugikan baik diri kita sendiri maupun orang lain. Gunakan sesuatu apapun itu terutama teknologi dengan tidak berlebihan, dan akan menggangu kesehatan diri sendiri.

So, Gen Z sudahkah kamu menggunakan teknologi dengan baik?
Sudahkah kamu menggunakan teknologi untuk hal hal baik?
Tanyakan pada diri sendiri.

BACA JUGA:  Kurangnya Kesadaran Generasi Z untuk Memiliki Asuransi

Lovvani Noralia, Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818