Fakultas Pertanian UGM Kembangkan Rooftop Urban Agriculture Untuk Pangan dan Kota Sehat

FWJ Indonesia memberikan kejutan kepada Kapolres Tanggerang Kota Kombes Pol H. Zain Dwi Nugroho dihari ulang tahunnya ke 48

DEPOKPOS – Inovasi strategis terus diusahakan Fakultas Pertanian UGM. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, salah satu terobosan yang kemudian dilakukan adalah penerapan rooftop urban agriculture dengan pemanfaatan atap gedung untuk budidaya tanaman buah.

Inovasi terbaru ini dilakukan di atap Gedung Rachmiwati Fakultas Pertanian UGM. Penerapan urban agriculture ini dilakukan dengan membuat green house dengan komoditas buah melon.

Rektor UGM, Wakil Rektor Bidang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dekan Fakultas Kehutanan, Dekan Fakultas Filsafat, Dekan Fakultas Fisipol, dan Dekan Fakultas Geografi didampingi Dekan Fakultas Pertanian berkesempatan mengunjungi sekaligus melakukan panen buah Melon pada hari Rabu (15/5).

Ir. Jaka Widada, M.P., Ph.D selaku Dekan Fakultas Pertanian mengatakan penanaman buah di atap gedung fakultas sebagai wujud pengembangan urban agriculture yang sehat dan menguntungkan.

“Dengan memanfaatkan atap gedung ini diharapkan dapat menjadi bagian dari regenerasi petani dan ketahanan pangan nasional” jelasnya.

Dia menyampaikan hasil panen buah melon yang ditanam di green house atap dapat mencapai 3-4 kg per buah dengan umur 65 hari semenjak tanam. Hasil ini memperlihatkan bahwa pemanfaatan ruang yang ada untuk budidaya tanaman dengan perawatan yang tepat tetap bisa menghasilkan tanaman yang subur dan sehat.

BACA JUGA:  Mengenal Metode Pembelajaran Ponpes Nuu Waar

Apresiasi disampaikan Rektor, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), Ph.D. Dia menyampaikan kesannya adanya green house yang dimanfaatkan untuk menanam melon jenis Sweet Hami.

“Ini adalah suatu inisiasi yang bagus sekali untuk memanfaatkan ruang yang dapat digunakan untuk urban farming,” ucapnya.

Rektor berharap inovasi Fakultas Pertanian UGM dapat ditularkan di fakultas-fakultas atau unit-unit di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Dengan model semacam ini diharapkan pemanfaatan ruang di fakultas atau unit-unit lebih maksimal dan menjadi lingkungan yang hijau.

Penulis : Talita Salma

Editor : Desi Utami

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818