UNICAMP 2024 Bantu Guru dan Siswa Kembangkan Teknologi dalam Dunia Edukasi

MAJALAH EKONOMI – PT. Taman Teknologi Nusantara pada tanggal 16 -18 Mei 2024 menggelar UNICAMP 2024 – Innovative Pedagogy for Future Learning digelar di Hotel Ciputra, Jakarta dihadiri oleh guru-guru yang berasal dari sekolah internasional dan universitas di Indonesia untuk mendapatkan pendalaman tentang bagaimana menjalankan program STEAM sebagai media pembelajaran yang interaktif.

Tahun ini, para pengajar yang ikut hadir dalam pelatihan pengajar tahunan UNICAMP di antaranya Bina Bangsa School , Sekolah Highscope Indonesia , Jakarta Nanyang School, Universitas Maranatha, Medan Independent School, Sampoerna Academy, Singapore International School , Koding Next , Cyberspace Education dan lainnya yang datang dari kota-kota di Indonesia.

Tema yang diusung pada tahun ini adalah Innovative Pedagogy for Future Learning, dimana dengan tema ini tenaga pendidik di Indonesia khususnya diharapkan mendapatkan pandangan dan pengetahuan baru tentang bagaimana caranya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sekolah.

Selain pelatihan dari Makeblock (STEAM ON BOARD) program, Unicamp 2024 diperkaya oleh beberapa praktisi di edukasi seperti Dr.Sergej Stoetzer (Lecturer at Humboldt University Berlin) dengan tema Tech AI in STEAM and Smart Fabrication in STEAM dan Augie Widyotriatmo Ph.D (Associate Professor Institute Technology Bandung) dengan tema Tech Based Pedagogy for Advancing Digital Education.

BACA JUGA:  UGM dan Kyushu University Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa dan Publikasi Riset

Tanpa disadari, pendidikan saat ini tengah beranjak memasuki era society 5.0, di mana internet bukan hanya sebagai informasi melainkan untuk menjalani kehidupan, sebuah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri dan perkembangan teknologi dapat meminimalisir adanya kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi pada kemudian hari.

Unicamp Hadir dengan harapan yang jauh lebih besar dari tahun tahun sebelumnya dimana kecakapan hidup yang dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration) diharapkan tenaga pendidik bisa menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar, mendidik, menginspirasi serta menjadi suri teladan.

Selama kegiatan UNICAMP, materi yang disampaikan akan berfokus pada programming dengan aplikasi mBlock5 yang dibantu dengan alat peraga STEAM, pelatihan mengenai MakeX Robotic Competition, dan penggunaan xTool. “Kami memberikan pelatihan ini dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” jelas Mikael Kepala Pembelajaran Kurikulum Makeblock Indonesia

Tidak hanya pemberian materi, peserta pelatihan ini juga diberi kesempatan untuk menyelesaikan beberapa rintangan yang diberikan secara langsung. “Kami juga ajarkan para peserta mengenai pentingnya kolaborasi antar tim yang tentunya akan bermanfaat nantinya,” ungkap Mikael.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Bawa Pulang Medali Emas Kejuaran Taekwondo Nasional

Selain itu disampaikan juga bahwa Unicamp ini akan terus dijalankan di tahun-tahun mendatang, agar lebih banyak tenaga pengajar (guru) yang mendapat pembekalan. Diharapkan akan lebih banyak dukungan juga dari industri dan sekolah-sekolah untuk berperan aktif mengembangkan kemampuan guru-gurunya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818