PPIJ Kolaborasikan Syariat dan Higienitas dalam Pelatihan Penyembelihan Kurban Metode HACCP

DEPOKPOS – Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta menggelar pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syar’i dan Higienis, Selasa (12/6/2024). Acara yang dihadiri oleh perwakilan sejumlah ormas Islam, masjid, dan musholah se DKI Jakarta ini, menghadirkan tiga narasumber yang expert di bidangnya di antaranya, Dr Rahmawan Octavianto (fiqih kurban), drh Rismiati (dinas KPKP DKI Jakarta), dan Ustaz Misbahul Anwar (Juru Sembelih Halal).

Mewakili Kepala Pusat PPIJ, DR KH Didi Supandi, MA, Ustaz Mohammad Zein, M.Si membuka kegiatan pelatihan yang akan berlangsung hingga 13 Juni 2024 ini. Kepala Divisi Komunikasi dan Penyiaran PPIJ ini mengatakan bahwa PPIJ menganggap kegiatan ini sangat penting, karena menurutnya masih banyak di luar sana yang menyembelih hewan tanpa mengikuti standar syariat yang ditetapkan. Ustaz Zein lebih lanjut mengatakan bahwa program pelatihan sembelih halal yang digelar PPIJ ini adalah program yang mengkolaborasikan antara syariat dan standar kehigienisan.

“Kita kolaborasikan antara syariat dan sistem pengelolaan yang higienis, yaitu sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HCCP),” terangnya.

BACA JUGA:  Ketum FWJ Indonesia: Jangan Pandang Wartawan Sebelah Mata

Ustaz Zein menilai Sistem HACCP memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah dapat mengatasi beberapa keterbatasan dari pendekatan tradisional terhadap pengawasan keamanan pangan.

“Sistem ini juga memiliki potensi untuk mengidentifikasi semua bahaya-bahaya yang mungkin muncul, walaupun belum pernah ada sebelumnya,” ujarnya.

Senada dengan Ustaz Zein, Kepala Subdiv Pelatihan dan Pendidikan PPIJ mengatakan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam penyelenggaraan kurban yang higienis dan sesuai syariat.

“Sekaligus untuk memperkenalkan dan memperkuat posisi PPIJ sebagai salah satu sentra penyelenggaraan kurban di DKI Jakarta,” terang Ustadz Arief Rahman Hakim kepada islamic-centre, di Ruang Foodcourt JIC, Selasa (12/6).

Mewujudkan misi Jakarta Islamic Centre yang salah satunya sebagai pusat pengembangan sumberdaya muslim, setiap tahunnya melaksanakan pelatihan sembelih halal dengan menggunakan sistem HCCP yang bertujuan Pertama, membentuk kader kesehatan hewan kurban di setiap kelompok masyarakat (RT, RW, masjid atau unit-unit pemotongan hewan); kedua, mempersiapkan kader dengan bekal pengetahuan dan keterampilan teknik dan cara pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara umum (dasar); ketiga, membantu menyeleksi dan menyiapkan hewan kurban yang layak untuk dipotong dari sisi kesehatan hewan; keempat, membantu menyeleksi dan menyiapkan daging hewan kurban yang aman, sehat dan layak untuk dibagikan dan dikonsumsi masyarakat; kelima, menanamkan kesadaran kepada masyarakat bahwa kesehatan hewan dan bahan pangan asal hewan (khususnya daging) sangat penting artinya bagi kesehatan manusia.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818