Portugal Melaju ke 16 Besar Setelah Bantai Turki 3-0

Selanjutnya Turki akan melakoni partai hidup mati kontra Republik Ceko

Selanjutnya Turki akan melakoni partai hidup mati kontra Republik Ceko

EURO 2024 – Timnas Portugal melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menghantam Timnas Turki dengan skor 3-0 pada pertandingan kedua Grup F di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu dini hari WIB.

Pada pertandingan ini kemenangan Portugal hadir berkat gol-gol dari Bernardo Silva, Samet Akaydin (bd) dan Bruno Fernandes, demikian catatan UEFA.

Hasil ini membuat Portugal nyaman berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup F Euro 2024 dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Turki tertahan di posisi kedua dengan tiga poin.

Pada babak pertama Portugal mengambil inisiatif menyerang terlebih dan menciptakan peluang lewat sundulan Cristiano Ronaldo yang masih menyamping dari gawang Turki.

Portugal akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 21 lewat tendangan kaki kiri Bernardo Silva sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Sukses unggul terlebih dahulu, Portugal semakin bersemangat menekan lini pertahanan Turki dan kembali menciptakan peluang lewat tendangan Bruno Fernandes yang masih menyamping dari gawang Turki.

BACA JUGA:  Kunci Barcelona jadi Satu-satunya Tim Spanyol Peraih Treble Winner 2 Kali: MESSI

Portugal mampu menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah pemain Turki Samet Akaydin melakukan gol bunuh diri karena koordinasi yang buruk dengan kiper Altay Bayindir pada menit 28.

Selanjutnya Turki berusaha bangkit dan berbalik memberikan ancaman lewat tendangan Kerem Akturkoglu yang masih dapat dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan, namun hingga turun minum tak ada gol yang tercipta sehingga skor 2-0 untuk keunggulan Portugal tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Turki berupaya untuk memperkecil ketertinggalannya, namun kembali kebobolan karena kesalahan lini belakangannya lewat gol Bruno Fernandes yang memanfaatkan umpan Cristiano Ronaldo sehingga skor berubah menjadi 3-0 pada menit 56.

Selanjutnya Turki berbalik memberikan ancaman lewat tendangan dari luar kotak penalti Orkun Kokcu, akan tetapi bola dapat diamankan oleh Diogo Alves.

Turki kembali berusaha untuk membobol gawang Diogo Alves, kali ini lewat tendangan Kenan Yildiz, namun bola masih melambung jauh dari gawang Portugal.

BACA JUGA:  Super Komputer Opta Prediksi Juara Euro 2024, Yakin Nih Inggris Juara?

Skuad asuhan Vicenzo Montella terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya dan Portugal sesekali melancarkan serangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 untuk Selecao tetap bertahan.

Selanjutnya Portugal akan menghadapi Georgia pada pertandingan terakhir Grup F Euro 2024, Kamis, (24/6), sedangkan Turki akan melakoni partai hidup mati kontra Republik Ceko, di hari yang sama.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818