Health  

Ketahui Manfaat Luar Biasa Biji Labu Kuning

Antioksidan dalam biji labu dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas

DEPOKPOS – Biji labu sering dianggap sebagai limbah yang tak berguna. Meski biji labu sering diabaikan, faktanya biji kecil ini mengandung kekayaan nutrisi yang luar biasa.

Antioksidan dalam biji labu dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.  Lemak sehat yang terkandung di dalamnya, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

Selain itu, biji labu juga merupakan sumber mineral penting seperti magnesium, seng, dan besi, yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh mulai dari pembentukan tulang hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi biji labu secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan seharusnya tidak diabaikan dalam pola makan sehari-hari.

Labu kuning dikenal dengan nama latin Cucurbita Sp. Tanaman labu termasuk dalam famili cucurbitaceae dan masih serumpun dengan buah melon (cucumis melo) dan mentimun (cucumis sativum). Buah labu kuning memiliki warna oranye cerah dan dikenal karena kandungan beta-karoten yang tinggi. Ini membuatnya bermanfaat bagi kesehatan mata serta sistem kekebalan tubuh.

Labu kuning mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan rendah kalori, oleh karena itu cocok sebagai pilihan makanan dalam program diet sehat.

Berdasarkan data gizi nasional USDA, biji labu kuning mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan. Dalam 100 gram biji labu kuning, terdapat 515 kalori, 30,6 gram protein, 42,1 gram lemak, 13,8 gram karbohidrat, serta kandungan mineral seperti kalsium (54 mg), posfor (312 mg), besi (6,2 mg), dan magnesium (6,5 mg). Selain itu, biji labu kuning juga kaya akan fitokimia, serat, dan antioksidan seperti vitamin C (1,9 mg), vitamin E (35,1 mg), dan beta karoten (9 µg).

Kandungan-kandungan ini menjadikan biji labu kuning sebagai sumber nutrisi yang sangat berharga untuk meningkatkan status gizi dan mencegah beberapa penyakit kardiovaskular. Di samping itu, biji labu kuning juga bisa digunakan sebagai sumber protein nabati yang bagus. Tanaman labu kuning merupakan tanaman yang tumbuh baik pada dataran tinggi maupun dataran rendah.

Biasanya, tanaman labu kuning ditanam pada musim semi hingga musim panas agar memiliki akses yang cukup terhadap sinar matahari dan kelembapan yang mencukupi. Jika dirawat dengan baik, tanaman labu kuning akan menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas.

BACA JUGA:  Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Selain digunakan sebagai hiasan saat Halloween, buah labu memiliki biji yang memiliki manfaat luar biasa yang juga kaya akan sejarah. Dilansir dari jcsqualityfoods. com. Diperkirakan bahwa labu sendiri mulanya ditemukan di Amerika Utara dan banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Amerika. Asal usul labu sebenarnya telah ditemukan di Meksiko pada tahun 7000 SM.

Sejak zaman dulu, labu telah digunakan sebagai sumber makanan dan pengobatan tradisional. Selain dapat dimakan secara langsung, biji labu juga diyakini memiliki kemampuan untuk mengusir cacing parasit dan parasit usus yang ada di dalam tubuh manusia. Terdapat beberapa komposisi nutrisi yang terkandung pada biji labu seperti.

Pertama, Vitamin dan Mineral. Biji labu kuning juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dikutip dari pharmeasy.in. Biji labu kuning mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Selain itu, biji labu kuning mengandung mineral seperti kalium, natrium, magnesium, dan fosfor. Tidak hanya itu saja, biji labu kuning juga mangandung mineral yang penting seperti zinc (seng) yang membantu meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pada pria.

Kedua, Antioksidan dan Senyawa Bioaktif. Zat antioksidan memiliki peranan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Labu kuning memuat beberapa senyawa yang dapat berperan sebagai antioksidan.

Satu di antara senyawa flavonoid adalah senyawa pereduksi yang mampu menghambat reaksi oksidasi, baik melalui enzim ataupun non enzim. Selain itu, juga terdapat bukti bahwa senyawa ini memiliki efek penghambatan pada penggumpalan sel darah dan anti kanker.

Selain itu, ada senyawa-senyawa lain seperti kalium dan triptofan yang memiliki kemampuan sebagai obat anti hipertensi. Tidak hanya itu, biji labu juga mengandung senyawa bioaktif seperti fitosterol dan asam lemak omega-3 yang dapat memiliki efek antiinflamasi serta meningkatkan kesehatan jantung.

Biji labu juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk Kesehatan. Beberapa manfaat yang terkandung pada biji labu yaitu:

Pertama, Peningkatan Kesehatan Jantung. Dengan kandungan asam lemak sehat dan antioksidan yang tinggi, biji labu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena antioksidan di dalamnya berfungsi untuk melindungi jantung dari berbagai gangguan.

BACA JUGA:  8 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Magnesium yang juga terkandung dalam biji labu dapat membantu menurunkan tekanan darah kita. Selain itu, kandungan serat yang ada pada biji labu juga menurunkan kadar kolesterol. Jadi, jangan ragu untuk menyertakan biji labu sebagai bagian dari gaya hidup sehatmu.

Kedua, erlindungan Kanker. Dengan mengkonsumsi biji labu dalam jumlah yang baik berguna untuk mengurangi risiko kanker. Salah satunya adalah kanker payudara. Biji labu mengandung fitoestrogen berguna untuk menekan hormon yang berkontribusi pada perkembangan kanker seperti estrogen dan progesteron sehingga dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

Ketiga, Kesehatan Tulang. Biji labu kuning bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang merupakan zat gizi pembentuk tulang.

Keempat, dukungan Sistem Imun. Dalam biji labu kuning terkandung senyawa antioksidan yang tinggi, yaitu vitamin E, beta-karoten, serta selenium. Senyawa-senyawa ini berpotensi membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan munculnya penyakit kronis.

Tak hanya itu, biji labu kuning juga memiliki senyawa anti-inflamasi seperti asam amino arginin dan fitosterol. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Biji labu kuning memiliki potensi besar untuk diolah menjadi berbagai macam olahan yang tidak hanya lezat tetapi juga bergizi. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, biji labu kuning dapat diintegrasikan ke dalam berbagai jenis makanan untuk meningkatkan nilai gizi dan menambah cita rasa.

Umumnya, biji labu kuning dicampurkan pada olahan roti, biskuit, cookies, salad, dan kue sebagai penambah tekstur yang menarik. Misalnya, biji labu yang dipanggang dapat memberikan rasa gurih dan renyah pada roti atau biskuit, sementara dalam salad, biji labu memberikan tambahan garing yang kontras dengan sayuran segar.

Kreativitas dalam mengolah biji labu kuning tidak hanya membuat makanan lebih lezat tetapi juga menambah asupan nutrisi penting seperti protein, serat, dan mineral, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk diet sehari-hari.

Selain itu, tidak banyak orang tau bahwa sebenarnya kita bisa memanfaatkan biji labu untuk diolah menjadi susu loh. Inovasi ini dapat menjadi pengganti susu almond yang menyegarkan dan juga dapat dikonsumsi oleh siapa saja.

BACA JUGA:  Meningkatkan Kualitas Hidup melalui Pendekatan Psikologi Positif dan Tasawuf

Susu ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti, magnesium, seng, zat besi, dan fosfor. Selain itu, susu yang berasal dari biji-bijian tentu lebih tinggi lemak, tetapi susu ini mengandung jenis susu tak jenuh yang berfungsi untuk menyehatkan jantung.

Ga hanya itu, sekarang ini sudah banyak yang memanfaatkan biji labu kuning sebagai minyak yang bagus untuk Kesehatan tubuh dan kulit. Minyak biji labu kuning ini diperoleh dari ekstraksi biji labu kuning. Minyak ini mengandung senyawa fenolik, antioksidan, dan karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan manusia termasuk pencegahan penyakit lambung, kanker payudara, kolesterol, dan paru-paru.

Selain itu, minyak ini juga mengandung senyawa yang berperan dalam memproteksi kulit dari proses penuaan. Manfaat asam oleat yang terkandung dalam minyak biji labu dapat meningkatkan fungsi otak dan kelenturan kulit.

Untuk memaksimalkan manfaat dari biji labu kuning, ada beberapa saran yang bisa diterapkan baik oleh individu maupun komunitas. Pertama, penting bagi kita untuk mulai melihat biji labu sebagai sumber nutrisi berharga daripada limbah. Mengumpulkan dan mengolah biji labu setelah memanfaatkan daging buahnya adalah langkah awal yang sederhana namun efektif.

Individu bisa mencoba berbagai resep kreatif yang memanfaatkan biji labu, seperti memanggangnya dengan sedikit garam sebagai camilan sehat atau menambahkannya ke dalam salad, smoothie, atau roti panggang. Selain itu, komunitas atau usaha kecil dapat mengembangkan produk berbasis biji labu, seperti susu biji labu, granola, atau minyak biji labu yang kaya nutrisi.

Promosi manfaat biji labu kuning melalui kampanye kesehatan di media sosial, workshop memasak, atau melalui program pendidikan di sekolah-sekolah juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi biji labu.

Dengan demikian, kita tidak hanya mengurangi limbah pangan tetapi juga meningkatkan asupan nutrisi dalam pola makan sehari-hari. Mengintegrasikan biji labu kuning ke dalam diet harian kita bukan hanya menguntungkan kesehatan individu, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan.

Seviananda Ekaputri, Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818