Euro 2024: Portugal vs Republik Ceko 2-1, Pepe dan Ronaldo Cetak Rekor

Laznas Dewan Dakwah menyalurkan hewan qurban dari para donator ke salah satu titik pedalaman di Desa Bandar AJi Jay

EURO 2024 – Portugal berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Kemenangan ini diraih dengan come back yang dramatis untuk Portugal,

Kedua tim bertemu dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2024, Rabu 19 Juni 2024. Dimainkan di Leipzig Stadium, pertandingan ini memang sudah ditunggu-tunggu.

Pertandingan ini jadi pertandingan bersejarah bagi Pepe dan Ronaldo. Keduanya memecahkan rekor baru.

Pepe memecahkan rekor pemain tertua yang tampil di putaran final Piala Eropa. Sementara Ronaldo memecahkan rekor penampilan terbanyak (6) di putaran final Piala Eropa.

Portugal tampil dominan, tapi Republik Ceko tampil keras kepala. Ceko bahkan unggul lebih dahulu lewat gol Luka Provod di menit ke-62.

Beruntung Portugal bisa bangkit di sisa pertandingan, terbantu own goal Robin Hranac (69′) hingga akhirnya Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan di menit 90+2.

Kemenangan ini mengantar Portugal ke peringkat dua klasemen sementara Grup F Piala Eropa 2024.

Laga dimulai dengan intensitas tinggi. Portugal langsung keluar menyerang, mengurung Republik Ceko. 10 menit pertama, serangan-serangan Portugal masih belum membuahkan hasil.

BACA JUGA:  Usai Bawa Venezia Promosi Serie A, Jay Idzes Mau Bawa Timnas Lolos Piala Dunia

Dominasi Portugal berlanjut hingga 20 menit pertandingan berjalan. Cristiano Ronaldo masih jadi pusat serangan tim. Umpan-umpan lambung ke kotak penalti masih belum menemukan kepala Ronaldo.

Republik Ceko masih bertahan dengan sangat baik hingga 30 menit pertandingan berlalu. Mereka tidak banyak menyerang, tapi terbukti bisa tampil solid di lini belakang untuk menetralisir ancaman Portugal.

Tak ada gol tercipta di babak pertama.

Republik Ceko hanya mencatat 25% penguasaan bola di babak pertama. Laga dilanjutkan kembali. Ceko membuat sejumlah perubahan di pertengahan babak kedua. 60 menit pertandingan berjalan.

Menit ke-62, Ceko membuat kejutan dengan mencetak gol pembuka. Coufal membelokkan bola untuk Provod, dituntaskan dengan tembakan melengkung ke sisi kiri gawang. Gol! Portugal 0-1 Rep. Ceko.

Menit ke-69, Portugal menyamakan kedudukan. Umpan lambung Vitinha mengarah ke tiang jauh, disambut sundulan Mendes yang bermaksud mengirim bola kembali ke tengah kotak penalti. Bola ditepis kiper, tapi justru membentur bek Ceko dan masuk ke gawang sendiri. Gol! Portugal 1-1 Rep. Ceko.

BACA JUGA:  Mbappe Konfirmasi Bakal Tinggalkan PSG

Skor imbang lantas mendorong naiknya intensitas pertandingan. Portugal terus menggempur tim lawan. Jota bahkan sempat mencetak gol di menit ke-87, tapi dianulir wasit karena VAR membuktikan Ronaldo ada di posisi offside.

Gol kemenangan Portugal baru tiba di menit ke-90+2. Umpan Neto di dalam kotak penalti diteruskan Conceicao yang berdiri di depan gawang lawan. Gol! Portugal 2-1 Republik Ceko.

Susunan pemain

PORTUGAL (3-4-3): Costa; Mendes (90′ Neto), Pepe, Dias; Cancelo (90′ Semedo), Bruno, Vitinha (90′ Conceicao), Dalot (63′ Inacio); Leao (63′ Jota), Bernardo, Ronaldo

Pelatih: Roberto Martinez

REP. CEKO (3-1-4-2): Stanek; Krejci, Hranac, Holes (90+3′ Chory); Soucek; Sulc (79′ Sevcik), Provod (79′ Barak), Doudera, Coufal; Kuchta (60′ Lingr), Schick (61′ Chytil)

Pelatih: Ivan Hasek

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818