Tekno  

7 Tips Menyimpan Kamera yang Benar, Fotografer Wajib Tahu!

Pemilihan cara dan tempat penyimpanan kamera sangat penting untuk menjaga kondisi kamera agar tetap bagus

DEPOKPOS – Kamera adalah senjata utama bagi fotografer, sehingga wajib baginya untuk menjaga kamera dengan benar.

Namun masalahnya masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya perawatan dan penyimpanan kamera yang benar untuk menjaga kualitas hasil jepretan kamera itu sendiri.

Ada lho tips menyimpan kamera yang bisa Anda lakukan. Untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin saja terjadi pada kamera akibat penyimpanan yang tidak benar.

Misalnya jika Anda sudah memiliki kamera terbaik seperti EOS R10, maka lakukan perawatan dan simpan dengan baik kamera tersebut, agar tetap bagus dan menghasilkan jepretan yang indah.

7 Tips Menyimpan Kamera yang Benar dan Aman

Pemilihan cara dan tempat penyimpanan kamera sangat penting untuk menjaga kondisi kamera agar tetap bagus.

Beberapa produsen kamera ternama menyarankan untuk menyimpan kamera dengan tips menyimpan kamera seperti di bawah ini:

1. Simpan di Dalam Tas Kamera Saat Bepergian

Penyimpanan kamera tidak hanya perlu diperhatikan saat kamera berada di rumah, melainkan saat kamera dibawa bepergian juga harus diperhatikan. Ketika Anda traveling dan hunting foto gunakan tas kamera yang tepat untuk menyimpan kamera agar terhindar dari resiko kerusakan lensa dan tombol selama di perjalanan.

BACA JUGA:  Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan eSIM, Pelanggan Bebas Pilih Nomor Sendiri

2. Jangan Terlalu Lama Penyimpanan di Dalam Tas

Sebaliknya, jika Anda berada di rumah sebaiknya jangan letakkan kamera di dalam tas kamera terlalu lama. Apalagi jika kondisi rumah memiliki kelembaban yang tinggi, kamera yang tetap diletakkan di dalam tas memiliki resiko berjamur. Seringlah mengeluarkan kamera dan angin-anginkan sesekali, agar kamera tidak berjamur.

3. Bersihkan Kamera Secara Teratur

Hal penting yang harus dilakukan sebelum menyimpan kamera adalah membersihkannya terlebih dahulu. Debu dan air bisa menyebabkan kamera berjamur, jadi jangan gunakan sabun sembarangan untuk membersihkan kamera. Gunakan cairan khusus yang dibuat untuk membersihkan kamera. Lakukan pembersihan kamera secara teratur untuk menjaganya tetap bersih.

4. Simpan di Dalam Dry Box

Kamera harus disimpan di dalam tempat yang kering agar tidak berjamur. Oleh sebab itu Anda bisa menyimpan kamera dalam dry box yang bisa dibeli di marketplace. Dry box akan menjaga kamera Anda agar tidak berjamur.

5. Gunakan Silica Gel

Silica gel adalah alat yang bisa digunakan untuk menyerap kelembaban. Agar kamera terjaga dari kelembabannya dan tidak berjamur, maka Anda bisa menggunakan silica gel saat menyimpannya.

BACA JUGA:  Bisnis Sewa iPhone Laris Manis Saat Lebaran, Ajang Adu Gengsi

6. Lepas Baterai dan Kartu Memori

Menurut produsen kamera ternama, melepas baterai dan kartu memori wajib dilakukan sebelum menyimpan kamera. Hal ini dapat mencegah kamera dari kerusakan akibat kebocoran baterai serta mengurangi resiko kehilangan data yang tersimpan dalam memori.

7. Jangan Diletakkan Sembarangan di Atas Meja

Kamera adalah barang mahal yang harus dijaga agar tetap baik. Jadi jangan letakkan kamera Anda secara sembarangan di atas meja untuk menghindari lensa rusak atau bodi terkena debu.

Mengetahui tips menyimpan kamera yang benar akan membantu Anda menjaga kamera tetap dalam kondisi terbaik dalam jangka waktu yang lama. Lakukan dengan tekun perawatan dan penyimpanan kamera terbaik yang Anda miliki agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Bagi Anda yang ingin upgrade kamera dengan kamera terbaik seperti EOS R10 dari Canon, bisa Anda dapatkan di Blibli. Ada berbagai tipe kamera dari Canon yang tersedia di Official Store di Blibli. Dapatkan kamera original dan bergaransi resmi dan nikmati diskon ongkirnya jika Anda order kamera di Blibli.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818