Tekno  

7 Langkah Memulai Penggunaan WhatsApp CRM untuk Digital Marketing yang Optimal

Bagi para pelaku bisnis kecil dan mikro, membawa bisnis ke ranah digital bisa jadi suatu hal yang cukup menantang. Setelah mempelajari dan menerapkan berbagai konsep digital marketing, kamu masih harus mencari tahu dan mengikuti teknologi baru yang terus bermunculan. Belakangan ini, Whatsapp CRM digadang-gadang merupakan inovasi digital marketing yang membawa manfaat besar. Namun, bagaimana cara mulai menggunakannya? Tak perlu bingung, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Pastikan Memilih Platform yang Tepat

Jangan terburu-buru atau asal-asalan dalam memilih platform Whatsapp CRM karena bisnismu beresiko mengalami kerugian uang dan waktu. Luangkanlah waktu untuk melakukan riset dan perbandingan sebelum memilih platform yang terpercaya. Beberapa platform juga menawarkan paket layanan yang beragam. Pastikan kamu memilih apa yang paling cocok dengan kebutuhan bisnismu.

Optimalkan Integrasi Sejak Awal

Integrasi adalah fitur Whatsapp CRM yang paling krusial. Pasalnya, ini adalah kunci dari pengumpulan data serta hampir semua keperluan marketing lainnya. Oleh karena itu, pastikan semua platform yang kamu gunakan dalam bisnis sudah terhubung dengan baik pada Whatsapp CRM sebelum kamu mulai melakukan hal lainnya. Selain integrasi dengan WordPress dan berbagai platform sosial media yang kamu gunakan dalam digital marketing, Whatsapp CRM juga sebaiknya terhubung dengan aplikasi penjualan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Samsung Resmikan Kampanye Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Buat Segmentasi Pelanggan

Selanjutnya, bukalah daftar pelangganmu, lalu mulai kelompokkan mereka menjadi beberapa segmen sesuai dengan karakteristiknya, bisa jadi secara demografi, riwayat transaksi, atau preferensi khusus. Segmentasi tersebut nantinya akan memudahkan dalam urusan pengaturan chatbot dan analisis data. Tim Customer Service juga nantinya bisa dengan mudah mengatur personalisasi untuk setiap pelanggan untuk lebih meningkatkan kualitas interaksi.

Rancang Chatbot secara Lengkap dan Akurat

Chatbot adalah kunci dari kelancaran komunikasi pelanggan. Oleh karena itu, buatlah template pesan selengkap mungkin dan atur aliran komunikasinya secara rapi dan sistematis. Jangan lupa, gunakan tata bahasa yang pantas dan terdengar natural. Lakukan pengetesan berulang sebelum kamu mulai merilisnya. Error pada sistem chatbot dapat menimbulkan kekacauan komunikasi yang bisa beresiko menyebabkan kekecewaan besar dari para pelanggan.

Atur dan Tes Otomatisasi

Cek kembali fitur otomatis apa saja yang tersedia pada platform Whatsapp CRM yang kamu gunakan. Pastikan untuk mengatur semuanya dan lakukan pengetesan untuk memastikan segalanya bisa bekerja sesuai yang diharapkan. Ke depannya, kamu mungkin akan perlu melakukan pengaturan ulang dan pengetesan berkala untuk memastikan performanya tetap optimal.

BACA JUGA:  Dibanderol Rp3,9 Juta, Samsung Galaxy A25 5G Hadir di Indonesia

Pelatihan Tim

Semua anggota tim marketing dan customer service harus mampu mengoperasikan Whatsapp CRM dengan luwes serta tahu harus bagaimana memanfaatkan setiap fitur dari teknologi tersebut untuk meningkatkan performanya dalam bekerja. Kebanyakan platform Whatsapp CRM cukup mudah dipelajari, sehingga hal ini seharusnya tidak akan menyita banyak waktu dan energi. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan supervisi setelahnya untuk memastikan masing-masing dari mereka memang sudah menguasai skill-nya.

Pengumpulan Data

Chatbot pada Whatsapp CRM bukanlah sekedar untuk membalas pesan secara praktis dan kilt, namun juga bisa dimanfaatkan untuk meminta informasi dari setiap pelanggan, lalu mengumpulkan informasi tersebut pada platform CRM. Setelah melakukan integrasi awal, cobalah periksa kembali data penting apa saja yang belum kamu miliki secara lengkap. Buatlah sebuah template chatbot untuk meminta informasi tersebut, dan kirimkan otomatis ke setiap pelanggan agar respon mereka bisa secara otomatis masuk ke sistem.

Analisis Secara Berkala

Monitoring dan analisis adalah hal yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan manfaat Whatsapp CRM secara optimal. Semua data yang telah diintegrasikan dan dikumpulkan akan sangat memudahkanmu memahami situasi bisnis yang sedang kamu hadapai, sehingga seharusnya hal ini akan membantumu mengambil keputusan dengan lebih bijaksana.

BACA JUGA:  Vivo Bersiap Luncurkan Smartphone dengan Desain Mantap Y

Memulai penggunaan Whatsapp CRM mungkin akan terasa merepotkan dan menyita waktu. Namun, hal itu tidak sebanding dengan efisiensi waktu dan kepraktisan kerja yang akan kamu dapatkan di kemudian hari. Teruslah untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang ada pada Whatsapp CRM dan cari tahu bagaimana cara memanfaatkannya secara optimal untuk bisnismu. Jangan lupa, ikuti juga perkembangan terbaru lainnya dalam hal teknologi digital marketing agar bisnismu bisa terus maju dan unggul dalam persaingan.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818