Terbaik di Tanah Air, Ranking Dunia UI Meningkat

UI masih menjadi yang terbaik di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings 2024

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) masih menjadi yang terbaik di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings (SIR) 2024 setelah sebelumnya selama tiga tahun berturut-turut menempati posisi 1 di Indonesia. Lebih membanggakan lagi, tahun ini UI mengalami kenaikan peringkat dunia dari 629 menjadi 457. Peringkat UI ini didasarkan pada penilaian tiga indikator, yakni research (kinerja penelitian), innovation (luaran inovasi), dan societal (dampak sosial).

Untuk keseluruhan sektor, indikator research UI menempati posisi 1 di Indonesia, 4 di level Asia, dan 8 di dunia, sedangkan indikator societal UI ada di posisi 1 Indonesia, 1 Asia, dan 4 dunia. Sementara, untuk sektor perguruan tinggi, indikator research UI menempati posisi 1 Indonesia, 5 Asia, dan 8 dunia, sedangkan indikator societal UI ada di posisi 1 Indonesia, 2 Asia, dan 5 dunia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, menyampaikan rasa bangga atas pencapaian dari seluruh sivitas akademika UI yang telah berkontribusi, sehingga UI menjadi yang teratas di Indonesia versi SIR 2024. “Setelah tiga tahun berturut-turut menempati posisi 1, tahun ini UI kembali berada di posisi 1 di Indonesia. Yang lebih menggembirakan, peringkat UI juga naik signifikan di tingkat global. Hal ini tentu membanggakan bagi kami. Ke depannya, semoga UI dapat meningkatkan kinerja penelitian, melahirkan inovasi unggul, dan mampu memberikan dampak sosial secara luas,” ujar Prof. Ari.

BACA JUGA:  Kolaborasi Mahasiswa UI dan Rumah Zakat di Desa Berdaya Ratu Jaya

SIR membagi luaran ilmiah lembaga ke dalam 19 subject area. “Luaran UI berhasil masuk dalam 18 subject area dengan 9 di antaranya menduduki posisi 1 di Indonesia. Kesembilan subject area tersebut adalah Arts and Humanities; Business, Management and Accounting; Energy; Medicine; Social Sciences; Economics, Econometrics and Finance; Engineering; Physics and Astronomy; dan Psychology,” kata Amelita Lusia CPR, Kepala Biro Humas dan KIP UI.

Dari seluruh subject area tersebut, UI memiliki 4 subject areas yang mempunyai peringkat berdasarkan narrow subject areas, yaitu Medicine, Social Sciences, Engineering, dan Agricultural and Biological Sciences. Terdapat 10 kategori pada 4 subject areas tersebut yang juga menduduki posisi 1 di Indonesia. Kesepuluh kategori tersebut adalah Architecture; Building and Construction; Anesthesiology and Pain Medicine; Critical Care and Intensive Care Medicine; Gastroenterology; Ophthalmology; Pediatrics, Perinatology and Child Health; Radiology, Nuclear Medicine and Imaging; Anthropology; dan Communication.

SCImago Institutions Rankings (SIR) adalah klasifikasi lembaga terkait akademik dan penelitian yang diberi peringkat berdasarkan gabungan tiga indikator yang berbeda. Tujuan SIR adalah menyediakan alat metrik yang berguna bagi lembaga, pembuat kebijakan, dan manajer penelitian untuk menganalisis, mengevaluasi, dan meningkatkan aktivitas, luaran, serta hasil inovasi sebuah lembaga. Selain universitas, SIR juga menyelenggarakan pemeringkatan untuk empat sektor lainnya, yaitu Government, Health, Companies, dan Non-Profit.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818