Tentang QRIS dan Penggunaannya

DEPOKPOS – Di zaman yang serba instan seperti sekarang ini, pembayaran melalui QRIS sangat membantu bagi banyak orang, baik para penjual maupun konsumen. Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah penyatuan dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dapat mempermudah pembayaran dan terjaga keamanannya karena telah melewati proses pengujian yang ketat dan juga diawasi oleh Bank Indonesia. QRIS juga dapat digunakan di seluruh wilayah indonesia sehingga semua orang dapat membayar menggunakan QRIS.

Saat ini, sudah banyak orang yang memilih untuk menjadi bagian dari cashless society. Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang memilih menggunakan QRIS adalah karena sistemnya yang praktis. Dengan satu QR code, kita bisa membayar dengan berbagai PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran), seperti GoPay, OVO, dan DANA. Dengan begitu, kita tidak perlu top-up ke berbagai e-wallet karena kita bisa membayar melalui PJSP apapun. Selain itu, kita juga tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan transaksi. Banyak orang yang menganggap transaksi dengan uang tunai memakan banyak waktu, terutama ketika transaksi dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, menggunakan QRIS adalah salah satu alternatif yang dipilih oleh banyak orang.

Sudah banyak sekali penjual yang menyediakan pembayaran melalui QRIS, terutama di kota-kota besar. Sejak COVID-19 masuk ke Indonesia, banyak penjual yang menyarankan agar pembeli melakukan pembayaran secara non-tunai, dengan begitu pembeli tidak perlu melakukan kontak fisik dengan penjual sehingga meminimalisir penyebaran COVID-19. Dengan menggunakan QRIS, penjual tidak perlu menyediakan uang tunai untuk kembalian. Bagi beberapa penjual, menyediakan uang kembalian adalah hal yang merepotkan. Mereka harus menukarkan uang kepada penjual lain, tentu saja hal itu sangat merepotkan, apalagi ketika pembeli sedang ramai.

Dengan membayar menggunakan QRIS juga pembeli tidak perlu repot-repot menyediakan uang pas atau menukarkan uang ketika penjual tidak mempunyai uang kembalian. Ketika sedang terburu-buru, QRIS sangat bermanfaat karena tidak memakan banyak waktu. Pembeli juga tidak perlu memikirkan QR code mana yang harus digunakan. Selain itu, dengan menggunakan QRIS juga bisa meminimalisir penipuan karena Bank Indonesia menjamin semua penjual atau merchant yang menggunakan QRIS harus transparan dan jujur.

Maiza Arnela, siswi SMAN 15 Bekasi