SMPN 34 Gelar Sanlat Hijau Ramadan

DEPOK – Sebagai upaya memanfaatkan momen bulan suci Ramadan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 34 Depok melaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) Hijau. Program ini dilaksanakan selama satu hari dengan menggandeng Yayasan Sahabat Ciliwung.

Kepala SMPN 34 Depok Siti Rohayah mengatakan, Ramadan merupakan bulan pendidikan karakter. Lewat program Sanlat Hijau, siswa diajak untuk dapat mensyukuri nikmat alam yang berikan Allah SWT, dengan cara menjaga dan merawat lingkungan.

“Kegiatan ini selaras dengan visi dan misi SMPN 34 Depok, yaitu ‘Terwujudnya Generasi Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Berwawasan Lingkungan dan IPTEK’. Jadi kami ambil tema Sanlat Hijau,” ujarnya, usai kegiatan Sanlat Hijau di Dermaga Sahabat Ciliwung, Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (19/03/24).

Siti menyebut, 103 siswa ikut terlibat dalam Sanlat Hijau ini. Beberapa materi yang disampaikan antara lain, sosialisasi terkait sampah, pemilahan sampah organik dan an organik, pelatihan pembibitan tanaman, edukasi pengolahan limbah rumah tangga dan lain-lain.

“Selain materi, kami juga ikut menyusuri Sungai Ciliwung sekaligus mengumpulkan sampah yang hanyut maupun tersangkut di pinggir sungai. Total kami dapat mengumpulkan sebanyak enam karung. Ini juga menjadi pengalaman menarik dan menantang untuk siswa,” terangnya.

Ia berharap, melalui Sanlat Hijau ini, siswa semakin dekat dengan alam dan tidak terfokus pada media sosial dan game. Yang saat ini menjadi tantangan terbesar dalam pendidikan karakter siswa.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa syukur siswa atas nikmat alam Indonesia yang diberikan Allah SWT. Anak-anak juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungan,” tutupnya.