Siapkan Relawan Terlatih, Rumah Zakat Depok Gelar Pelatihan Water Rescue

DEPOKPOS – Ahad, 26 Mei 2024, relawan Rumah Zakat Depok menyelenggarakan pelatihan water rescue di Setu Jatijajar, Tapos, Depok yang diikuti oleh 14 relawan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan relawan menangani situasi darurat, terutama penanganan kecelakaan di air.

Pelatihan ini dirancang selama satu hari dan terbagi menjadi dua sesi yaitu materi kelas dan praktik serta simulasi. Selama pelatihan, peserta dilengkapi dengan perlengkapan penyelamatan seperti helm dan lifejacket serta sepatu untuk keamanan peserta.

Sebelum mengikuti simulasi, peserta pelatihan mendapatkan materi kelas dan praktik yang disampaikan anggota Social Disaster Rescue dari Sekolah Relawan, Kevin Rendo Sati. Kevin menekankan pentingnya peran relawan dalam menghadapi situasi kecelakaan di air.

Kevin menyampaikan, bahwasanya pelatihan water rescue sangat relevan karena masih banyak potensi resiko yang memungkinkan terjadinya kecelakaan di air. Harapanya, pelatihan ini bisa meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam merespon cepat kecelakaan di air dengan baik dan benar.

Pada sesi materi kelas dan praktik, Kevin menjelaskan terkait konsep water rescue, pengenalan alat water rescue dan tehnik pertolongan di air. Sebelum memasuki sesi simulasi peserta dibekali dengan tehnik defense and release kemudian dilanjutkan dengan praktik Run Swim Run serta praktik di air yang dengan metode Reach, Throw, Row, Go, Tow/Carry, yang meliputi langkah-langkah seperti meraih korban, melempar benda yang bisa mengapung, mendekati korban dengan perahu, serta menarik korban ke tempat yang aman.

BACA JUGA:  Gelar Kelas Lansia Berdaya Ratu Jaya Depok, Rumah Zakat Gandeng IRL

Pada sesi simulasi, relawan juga ditugaskan untuk mengaplikasikan materi kelas dan praktik yang telah diterima dalam keadaan situasi yang mirip sesungguhnya. Dimana relawan ditugaskan sebagaimana team rescue dalam menangani korban dalam kecelakaan di air.

Dandi relawan Rumah Zakat Depok menambahkan, “Harapanya dengan adanya pelatihan ini bisa menambah wawasan serta menyiapkan relawan yg yg terlatih dalam menghadapi situasi darurat khususnya kecelakaan di air.”

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818