Dunia  

Rusia Buka Peluang Baru bagi Mahasiswa dari Dunia Islam

Rusia juga meningkatkan jumlah kuota untuk pendidikan gratis bagi siswa dari negara-negara OKI

Pada tahun 2022, lebih dari 262 ribu warga negara anggota OKI belajar di universitas-universitas Rusia

DEPOKPOS – Lebih dari 355 ribu mahasiswa datang ke Rusia untuk belajar pada tahun 2023. Dan pada akhir tahun 2024, jumlah mahasiswa asing diprediksi akan mencapai 425 ribu orang.

Mayoritas dari mereka adalah mahasiswa dari negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Peluang kerja sama antara negara-negara Eurasia di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi semakin meluas.

Dalam kerangka kepemimpinan Rusia dalam BRICS, diusulkan gagasan untuk membuat sistem penilaian peringkat alternatif untuk institusi pendidikan tinggi.

Diharapkan hal ini akan memastikan pemeringkatan yang lebih adil dan lebih memadai untuk universitas di berbagai negara.

Sistem evaluasi yang komprehensif berdasarkan kriteria ilmiah akan mempertimbangkan sistem pendidikan nasional secara spesifik.

Menurut Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Rusia, inisiatif ini telah mendapat tanggapan positif di Iran.

Pada awal Maret, badan-badan khusus kedua negara membahas isu-isu kerja sama antar-universitas dan kerja sama ilmiah.

BACA JUGA:  Industri Keuangan Islam Telah Tiba di Rusia

Yang paling penting, mereka membahas proyek pekerjaan pada rancangan perjanjian antar pemerintah tentang pengakuan pendidikan, kualifikasi dan gelar, termasuk dalam spesialisasi medis.

Perjanjian bilateral serupa telah disepakati dengan 24 negara anggota OKI dan perjanjian tentang proyek-proyek baru sedang dalam tahap negosiasi.

Pada saat yang sama, Rusia juga meningkatkan jumlah kuota untuk pendidikan gratis bagi siswa dari negara-negara OKI.

Hasil kerja sama ini diumumkan pada forum internasional tahunan “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” pada tahun 2023.

Pada tahun 2022, lebih dari 262 ribu warga negara anggota OKI belajar di universitas-universitas Rusia, di mana lebih dari 84 ribu di antaranya dididik dengan biaya negara Rusia.

Jurusan yang paling populer dan paling banyak diminati oleh mahasiswa dari negara-negara OKI:

– Ilmu kedokteran,
Ekonomi,
– Rekayasa perangkat lunak,
Manajemen,
– Ilmu komputer dan teknik komputer,
– Hubungan internasional.

Di antara mekanisme kerja sama baru yang diusulkan di KazanForum 2023 adalah penyelenggaraan kompetisi multilateral untuk proyek-proyek penelitian terapan bersama antara organisasi Rusia dan OKI.

BACA JUGA:  Brigade Izzuddin Al Qassam Buka Rekrutmen, Minimal Hafal 15 Juz Al-Qur'an

Mekanisme ini akan ditujukan untuk memperkuat dan membangun kapasitas penelitian pada topik-topik prioritas berdasarkan pendanaan bersama.

Untuk mengembangkan kerja sama dengan Dunia Islam, sebuah program besar “Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan” dibuat di KazanForum 2023, yang mengumpulkan peserta dari 80 negara.

Hal ini didukung oleh inisiatif untuk menyelesaikan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia dan OKI di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi.

Para ahli berharap bahwa KazanForum 2024 akan berkontribusi pada pengenalan inisiatif dan proyek baru, serta menjadi platform permanen untuk merangkum hasil kerja sama antara Rusia dan negara-negara OKI di bidang sains dan pendidikan.

Kami mengundang koresponden dan pimpinan media untuk berpartisipasi dalam program Forum dan acara khusus untuk media offline dan online. Kami berharap dapat bertemu Anda di KazanForum-2024!

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818