Pilar Manajemen yang Kuat sebagai Pengelolaan Sumber Daya dan Mengarahkan Visi

DEPOKPOS – Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pilar berarti tiang penguat. Dari arti tersebut mendefinisikan bahwa pilar merupakan sebuah prngokoh atau dasar-dasar prinsip yang harus dilaksanakan sebagai kunci kesuksesan sebuah tim didalam organisasi agar tetap efektif dalam berproses mencapai tujuannya.

Untuk melaksanakan sebuah pilar tersebut, kita memerlukan sumber daya yang cukup dan berintelektual dalam melaksanakannya. Maka dari itu, membentuk sumber daya yang berintelektual diperlukan pengelolaan sebagai bentuk perhatian dan juga bentuk usaha yang akan kita capai dalam proses menjalani kepemimpinan disebuah organisasi.

bentuk pengelolaan sumber daya yang dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam sebuah organisasi ada beberapa macam, berikut adalah bentuknya:

  • Selalu merencanakan dan identifikasi kebutuhan sumber daya yang diperlukan dalam organisasi
  • Selalu pastikan bahwa sumber daya yang digunakan optimal untuk mencapai tujuan organisasi. Dan selalu melakukan penempatan posisi sumber daya yang tepat sesuai minat dan bakat agar proses yang berjalan sesuai dan efisien.
  • Selalu mengembangkan potensi dan skill yang ada pada sumber daya dalam organisasi dengan melakukan training, pengembangan karir, pendidikan, dll.
  • Selalu lakukan pengawasan atau monitoring pada sumber daya didalam organisasi agar semua yang digunakan sesuai rencana dan tidak terjadi pemborosan
  • Selalu apresiasi kontribusi sedikit apapun itu yang dilakukan anggota pada tim di organisasi agar memotivasi dan mempertahankan kinerja terbaik dari anggota tersebut.
  • Selalu adakan evaluasi untuk mengetahui peningkatan proses yang berjalan didalam organisasi. Dan dengan evaluasi, kita dapat mengelola kembali dengan keberlanjutan yang baik serta belajar dari evaluasi sebelumnya.
BACA JUGA:  Permasalahan Penataan Kabel Listrik dan Perangkat Komunikasi di Indonesia

Dengan beberapa macam bentuk pengelolaan yang ada diatas, kita juga bisa mengarahkan sumber daya yang kita miliki sesuai dengan visi awal organisasi. Maka dari itu, pentingnya pengelolaan sumber daya adalah sebagai keefektifan dan keefisienan organisasi.

Amanda Sausan, STEI SEBI

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818