Pernah Disodori Pemain Titipan, Shin Tae-yong Lebih Pilih Pemain Muda

Shin Tae-yong tidak menyebut siapa yang coba menitipkan pemain, tapi dia menolak upaya tersebut

Shin Tae-yong tidak menyebut siapa yang coba menitipkan pemain, tapi dia menolak upaya tersebut

DEPOKPOS – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membuka cerita bahwa sempat ada upaya untuk menitipkan pemain di Skuad Garuda.

Shin Tae-yong bekerja sebagai pelatih Timnas Indonesia mulai awal 2020 lalu. Sejak saat itu, pelatih asal Korea Selatan itu melakukan kebijakan yang cukup menarik yakni ‘potong generasi’ dalam pemilihan pemain.

Banyak pemain muda dapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia pada level senior. Tidak banyak pemain senior yang rutin dapat panggilan ke Timnas Indonesia. Satu nama senior yang rutin dipanggil adalah Fachruddin Aryanto.

Di balik kebijakan ‘potong generasi’ itu, tidak jarang ada pemain-pemain yang pemanggilannya ke Timnas Indonesia diragukan. Lantas, benarkah ada pemain titipan di Timnas Indonesia pada era Shin Tae-yong?

Soal pemain titipan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui ada upaya untuk melakukannya itu. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak menyebut siapa yang coba menitipkan pemain. Akan tetapi, dia menolak upaya tersebut.

“Ada, ada (yang menitipkan pemain). Tetapi, tidak pernah saya tanggapi, satu pun tidak pernah terjadi selama saya di sini, jadi tidak perlu khawatir lagi,” ucap Shin Tae-yong dikutip dari Tempo.

Selama melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga dikenal punya kebijakan tegas dalam hal disiplin. Pelatih 53 tahun itu pernah mencoret beberapa pemain karena alasan melanggar aturan disiplin di Timnas Indonesia.

Pada awal menjalankan tugas sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui melibatkan pelatih-pelatih lokal dalam pemilihan pemain. Shin Tae-yong melibatkan mereka untuk memberi rekomendasi pemain yang layak bermain di Timnas Indonesia.

“PSSI dan pelatih klub lokal kasih saya referensi pemain dan akhirnya muncul nama-nama seperti Pratama Arhan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, dan Ernando Ari yang sejak awal saya datang sudah bersama dan sekarang menjadi pemain inti,” kata Shin Tae-yong.

“Mereka sudah berkembang banyak,” sambung Shin Tae-yong.

Nama-nama di atas sudah bekerja sama dengan Shin Tae-yong sejak Timnas Indonesia U-20. Mereka disiapkan untuk bermain di Piala Dunia U-20, yang harus ditunda karena COVID-19. Dari tim U-20, mereka kemudian jadi pemain kunci Timnas Indonesia pada level senior.

Sumber: TEMPO