Pentingnya Strategi Bisnis pada Perusahaan

Strategi Bisnis, Meningkatkan Kemampuan Bersaing di Pasar

Pentingnya Strategi Bisnis pada Perusahaan

Strategi bisnis merupakan suatu upaya dalam pengambilan kebijakan untuk membangun keunggulan dalam bisnis

DEPOKPOS – Perusahaan merupakan tempat terjadinya sebuah kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi barang dan jasa. Ada perusahaan yang terdaftar di pemerintah dan ada juga yang tidak. Untuk perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

Tujuan perusahaan adalah memperoleh keuntungan (laba). Setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, miliki orang perseorangan, milik persekutuan atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Dalam proses mencapai tujuan tersebut terkadang Perusahaan mengalami hambatan bahkan bisa saja mengalami kegagalan. Dengan demikian dibutuhkan sebuah strategi bisnis agar Perusahaan dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan dan mamapu menghadapi tantangan yang dapat menghambat tercapainya tujuan tersebut.

Strategi bisnis merupakan suatu upaya dalam pengambilan kebijakan untuk membangun keuanggulan dalam bisnis. Strategi bisnis ini bertujuan agar visi dan misi Perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Strategi bisnis juga dapat membantu Perusahaan untuk mengantisipasi masalah dan mampu menghadapi trend bisnis yang terus berubah. Adapun manfaat bisnsis bagi Perusahaan yaitu:

Meningkatkan Kemampuan Bersaing di Pasar

BACA JUGA:  Solusi Problematika Manajemen SDM Bank Syari’ah

Manajemen strategi membantu bisnis kamu meningkatkan kemampuan bersaing di pasar melalui perumusan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan di pasar. Pemahaman yang baik tentang pesaing dan kekuatan pasar berguna agar bisnismu dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk memenangkan persaingan di pasar dan mempertahankan posisi bisnis kamu di pasar.

Meningkatkan Kinerja Bisnis

Manajemen strategi dapat meningkatkan kinerja bisnis melalui perumusan rencana yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang. Bisnis kamu dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia dan meningkatkan efisiensi dalam operasi bisnis. Hal ini juga membantu bisnis kamu memfokuskan sumber daya pada hal-hal yang penting dan menghindari penggunaan sumber daya yang tidak efektif.

Memetakan Peluang dan Tantangan Bisnis

Manajemen strategi membantu bisnismu memetakan peluang dan tantangan bisnis. Kamu dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memanfaatkan peluang atau menghadapi tantangan yang muncul. Pemahaman yang jelas tentang situasi pasar dan lingkungan bisnis berguna supaya bisnis kamu dapat mempersiapkan diri dan mengantisipasi perubahan pada masa depan.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Manajemen strategi membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dengan menyediakan informasi dan data yang relevan. Bisnis kamu dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan mengurangi risiko yang mungkin timbul. Dalam konteks bisnis yang kompetitif, pengambilan keputusan yang tepat dapat menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis kamu.

BACA JUGA:  Mengolah Limbah Alat Peraga Kampanye Pemilu

Mengembangkan Visi dan Misi Bisnis yang Jelas

Manajemen strategi membantu bisnis kamu mengembangkan visi dan misi yang jelas sehingga kamu dapat memotivasi karyawan dan stakeholder bisnis kamu untuk bekerja menuju tujuan yang sama. Visi dan misi yang jelas juga membantu bisnis kamu membangun identitas yang kuat dan membedakan diri dari pesaing di pasar.

Dengan demikian penerapan strategi bisnis ini sangat berkaitan erat dengan keberhasilan Perusahaan. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk penerapan strategi bisnis disesuaikan dengan tujuan yang diharapkan agar tidak salah sasaran. sehingga rencana yang telah disusun tercapai dengan baik.

Adapun tahapan dalam membuat manajemen strategi yang baik yaitu:

Identifikasi Arah dan Tujuan

Perusahaan harus menetapkan tujuan yang jelas dan realistis. Tujuan harus mencakup apa yang ingin dicapai perusahaan dan alasan mengapa mencapainya. Setelah itu, barulah perusahaan dapat mengidentifikasi cara bagaimana tujuan tersebut tercapai. Dalam tahapan ini, perusahaan dapat mengartikulasikan visi dan tujuan jangka panjang-pendeknya.

Menganalisa Sumber Daya

Perusahaan kemudian harus dapat memeriksa, memahami, dan menyusun internal and external power yang berpengaruh terhadap bisnis. Pahami juga bahwa perusahaan harus tetap kompetitif. Pilihlah analisis SWOT yang sangat membantu pelaksanaan tahap ini.

BACA JUGA:  Perkara soal Warung Madura 'Dilarang' Buka 24 Jam, Berawal dari Keluhan Minimarket

Menyusun Strategi

Setelah hasil analisis didapat, perusahaan kemudian dapat menyusun strategi, terkait bagaimana cara perusahaan mencapai tujuannya. Pada tahap ini, perusahaan perlu mengidentifikasi individu, teknologi, dan resource lainnya yang dibutuhkan. Alokasi resource ini penting untuk mengukur kesuksesan bisnis serta mendapatkan dukungan dari pimpinan dan stakeholders lainnya.

Menerapkan Strategi Bisnis

Ketika strategi telah ditentukan, saatnya untuk eksekusi. Strategi ini mencakup mulai dari perencanaan hingga implementasi. Pada tahapan manajemen strategis ini, resource akan bekerja sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing.

Mengevaluasi Efektivitas Strategi

Tahapan terakhir dari strategic management adalah mengevaluasi sejauh mana strategi yang diterapkan telah berhasil membawa perubahan. Perusahaan juga akan memantau kelayakan strategi yang sedang dijalankan, operasional bisnis, serta mempertahankan strategi yang terbukti efektif.

Disusun oleh:
Arni
Prodi Sarjana Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Binsis
Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818