Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka Mulai Sabtu

Seluruh rangkaian RBB 2024 tanpa dipungut biaya apapun

Sebanyak 110 BUMN menyediakan 688 lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia dengan 1.830 posisi pekerjaan

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) mulai 23 Maret 2024.

Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bhatara mengatakan, RBB telah diselenggarakan beberapa kali dalam 3 tahun dan mendapat respon yang luar biasa.

“Kami melihat potensi usaha BUMN semakin berkembang dan kami memerlukan tambahan SDM untuk mendukung program kerja maupun rencana kerja dari BUMN itu sendiri, maka kami melakukan rekrutmen bersama,” ujar Tedi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Tedi menyampaikan, Kementerian BUMN terus meningkatkan standar untuk mencari para talenta-talenta baru. Tahun ini, dalam seleksi penerimaan akan terdapat penambahan tes wawasan kebangsaan dan learning agility pada tahap pertama.

“Talenta-talenta BUMN harus memiliki wawasan kebangsaan, jadi itu dilakukan di awal, wawasan kebangsaan, karakter. Ini merupakan implementasi dari core value AKHLAK,” kata Tedi.

Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar menyampaikan, pihaknya melakukan penyempurnaan dari tahap pendaftaran, seleksi hingga proses akhir pengumuman. Proses rekrutmen juga dilakukan secara transparan untuk menghindari kecurangan.

Sebanyak 110 BUMN terlibat dalam RBB, yang menyediakan 688 lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia dengan 1.830 posisi pekerjaan.

Selain itu, tahun ini kesempatan untuk bergabung dengan BUMN semakin terbuka luas dengan menjangkau lintas entitas, jenjang pendidikan yang semakin beragam, mulai dari SMA/sederajat, D3, S1 hingga S2 dengan rentang usia hingga 35 tahun.

“Dalam mendorong inklusivitas dan kesetaraan, kami menjaga konsistensi untuk terus membuka peluang yang sama bagi seluruh individu dengan berbagai latar belakang dalam hal ini untuk pendidikan dibuka mulai dari untuk SMA atau yang sederajat hingga S2, kemudian fresh graduate maupun juga yang experience hire,” kata Alexandra.

RBB 2024 juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas. FHCI juga melakukan mekanisme rekrutmen yang terpisah agar para penyandang disabilitas dapat melakukan seleksi dengan nyaman.

Pendaftaran RBB 2024 berlangsung selama 10 hari dan ditutup pada 1 April 2024.

“Insya Allah hal ini dapat terlaksana dengan lancar, diharapkan nanti pengumuman akhir dilakukan di bulan Juli 2024,” kata Alexandra.

Pada peserta RBB dapat mengeksplorasi pilihan lowongan yang tersedia di berbagai bidang industri mulai dari keuangan, IT, hukum, koperasi hingga engineering. Seluruh rangkaian RBB 2024 tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk informasi lebih lanjut, RBB 2024 dapat diakses melalui sosial media FHCI dan Kementerian BUMN.