Pendaftaran Beasiswa UGM Masih Dibuka, Ini Caranya!

Komponen beasiswa berupa bantuan pendidikan senilai UKT atau maksimal Rp4.000.000/mahasiswa/semester

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap komitmen Pelita Air dalam mengimplementasikan operational and service excellence

DEPOKPOS – Universitas Gadjah Mada membuka pendaftaran Beasiswa UGM Tahun 2024 yang dialokasikan dari Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) tahun 2023. Komponen beasiswa berupa bantuan pendidikan senilai UKT atau maksimal Rp4.000.000/mahasiswa/semester untuk periode 2 semester. Beasiswa yang diberikan mulai tahun 2023 lalu ini dialokasikan untuk membantu mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan ekonomi agar dapat tetap melanjutkan kuliah.

“Ini adalah salah satu cara UGM untuk memfasilitasi mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan agar mereka tetap bisa melanjutkan studinya,” tutur Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si.

Arie menjelaskan, beasiswa ini menjadi salah satu wujud kepedulian UGM, dan sejalan dengan komitmen UGM untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi generasi muda Indonesia dari berbagai latar belakang sosial ekonomi untuk memperoleh pendidikan terbaik di kampus UGM.

Pada tahun 2023 lalu UGM juga memberikan beasiswa senilai lebih dari Rp260 juta yang dialokasikan dari Sumbangan Sukarela Pengembangan Institusi (SSPI) tahun 2022. Beasiswa ini telah membantu puluhan mahasiswa angkatan 2022 untuk dapat melanjutkan studi terlepas dari kesulitan ekonomi yang sedang dialami keluarga mereka dengan besaran bantuan senilai Rp3.000.000,00/mahasiswa/semester.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Untuk tahun 2024, pendaftaran Beasiswa UGM dibuka mulai tanggal 13 Maret hingga 22 Maret 2024. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif Program Sarjana dan Sarjana Terapan Angkatan 2023 yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, dengan catatan mahasiswa tersebut tidak sedang menerima bantuan lain.

Dokumen yang harus dipersiapkan oleh pendaftar beasiswa adalah transkrip nilai semester gasal 2023/2024, formulir pengajuan beasiswa, surat rekomendasi dari fakultas, serta surat keterangan tidak mampu dan/atau bukti penghasilan orang tua senilai bruto maksimal Rp5 juta/bulan. “Kita akan lakukan seleksi secara ketat. Harapannya tentu pemberian beasiswa ini tepat sasaran bagi mereka yang betul-betul membutuhkan,” imbuh Arie.

Pendaftaran Beasiswa UGM dilakukan melalui laman simaster.ugm.ac.id. Di samping beasiswa ini, mahasiswa UGM juga bisa mengakses informasi mengenai beragam beasiswa lainnya yang tersedia pada laman ditmawa.ugm.ac.id/kesejahteraan.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818