Peduli Kesehatan Mental Perempuan, Ibu Profesional Depok Gelar Seminar “Nourish Yourself: Keep Mom in Balance”

DEPOK – Peduli kesehatan mental perempuan, Ibu Profesional Depok (IP Depok) menghelat talkshow pemberdayaan perempuan pada Sabtu (4/05/2024). Agenda yang berlangsung di Perpustakaan Kota Depok tersebut merupakan rangkaian acara silaturahmi dan wisuda para ibu pembelajar di Institut Ibu Profesional.

Bertemakan “Nourish Yourself: Keep Mom in Balance”, acara talkshow mengundang narasumber yang berkiprah di pemberdayaan perempuan, Fatimah Azzahra, M.Sc. Perempuan yang merupakan Founder Akselerasi Ibu Masa Kini (ASIK) tersebut memberikan materi motivasi kepada para ibu agar berdaya dan bahagia.

Fatimah yang juga alumni Institut Ibu Profesional memiliki harapan besar agar Ibu Profesional Depok dapat terus berdampak lebih luas, bersinergi lebih bijak dengan menguatkan akar harmoni ikatan membernya. “Keluarga Ibu Profesional Depok adalah tempat saya memulai hingga menamatkan pengalaman di Institut dan mengenal berbagai potensi diri,” ujar ibu yang pernah menyabet penghargaan dari Ashoka dan Inovasia tersebut.

Ketua Panitia Silaturahmi Raya dan Wisuda, Ria Prihatini menuturkan, Ibu Profesional Depok ingin menjadi salah satu komunitas yang mampu menjadi inspirasi agar para perempuan kuat dan berdaya. Semua itu bermula dari kesehatan mental perempuan.

BACA JUGA:  Pemkot Solo Sebut Tak Bisa Larang Warung Makan Daging Anjing

“Setiap ibu adalah perempuan hebat yang tercipta untuk menjalankan perannya masing-masing. Karena itu, tidak ada kata ‘ibu yang satu lebih hebat daripada ibu lainnya’. Teriring harapan agar member di Ibu Profesional Depok menjadi lebih bersinergi dan berdaya untuk memajukan komunitas setelah bertemu dan saling menyemangati di momentum ini,” ujarnya.

Sekretaris Regional IP Depok, Meti Suryati menambahkan bahwa, setelah menjadi ibu, seorang perempuan tetap berhak untuk membahagiakan dirinya dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan berkomunitas.

“Semoga ilmu yang didapat di perkuliahan dan insight yang didapatkan dari acara ini dapat menjadi titik balik perubahan ibu untuk menjadi sosok yang lebih baik daripada hari kemarin, menjadi ibu yang dirindukan, dan menjadi support system terbaik bagi sekelilingnya. Juga harapan semoga Ibu Profesional Depok mampu menebar manfaat untuk ibu-ibu di Kota Depok baik untuk member atau masyarakat umum. Semoga sinergi antara Ibu Profesional Depok dan Pemkot Depok dapat terus terjalin.”

Mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Ibu Rahmawati selaku Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender dan Kerjasama, mengungkapkan rasa bangga terhadap komunitas Ibu Profesional diiringi harapan agar IP Depok dapat turut mewujudkan perempuan Depok yang berdaya dan berkualitas.

BACA JUGA:  Pakar UGM: Kebijakan Bagi-bagi Rice Cooker Tak Menjawab Permasalahan Masyarakat

“Saya merasa bahagia bisa hadir di tengah-tengah (para) ibu. Pas dilihat profilnya, Ibu Profesional sudah ada di beberapa negara. Wah, organisasinya sudah go international, nih! Tetap semangat, ya, Ibu-ibu semua! Kita adalah benteng keluarga. Ada semboyannya nih di Depok; ‘Perempuan tangguh adalah perempuan yang bisa menjaga ketahanan keluarga secara utuh’,” tuturnya.

Silaturahmi Raya dan Wisuda Ibu Profesional Depok merupakan bentuk optimalisasi pemberdayaan perempuan dalam program kerja Komunitas Ibu Profesional Depok tahun 2024. Saat ini, Ibu Profesional Depok (laman Instagram @ibuprofesional.depok) memiliki 359 member dalam rentang usia 20-45 tahun, dengan beragam latar belakang dan ragam jenjang pembelajaran yang ditempuh di Ibu Profesional.

Dengan segala dinamika dan tantangan yang ada, Ibu Profesional Depok sebagai bagian dari komunitas Ibu Profesional tetap optimis dalam mewujudkan visi untuk memberdayakan perempuan. Caranya, dengan mengambil berbagai peran melalui kegiatan yang edukatif, inspiratif, dan berdampak positif yang berkelanjutan bagi member dan masyarakat luas di Kota Depok.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818