Mulai Uji Coba, Biskita Trans Depok Gratis Selama Enam Bulan

Uji coba diawali dengan sosialisasi di Kantor Wali Kota Depok yang bertujuan untuk memperkenalkan armada Biskita kepada perangkat daerah di Kota Depok dalam apel pagi rutin.

“Uji coba operasional Biskita Trans Depok tidak dikenakan tarif. Jadi nol rupiah ,” kata Marbudi.

DEPOK – Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jawa Barat Marbudi Antono mengatakan layanan transportasi massal Biskita Trans Depok masih uji coba. Uji coba dilakukan selama enam bulan secara gratis.

“Uji coba operasional Biskita Trans Depok tidak dikenakan tarif. Jadi nol rupiah ,” kata Marbudi seperti dilansir Antara, Selasa (2/7/2024).

Marbudi mengatakan masa uji coba transportasi massal Biskita Trans Depok dilakukan selama enam bulan kedepan. “Uji coba selama enam bulan, sampai akhir tahun tidak dikenakan biaya,” kata Marbudi.

Marbudi mengatakan uji coba juga dilakukan dengan mengoperasikan Biskita Trans Depok pada 1 koridor yang telah ditetapkan yaitu Terminal Margonda-LRT Harjamukti. “Ada 15 unit Biskita Trans Depok. Tapi yang beroperasi ini hanya 14 unit Biskita Trans yang satu untuk unit darurat,” imbuh Marbudi.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan uji coba layanan transportasi massal Biskita Trans Depok, untuk meningkatkan konektivitas daerah tersebut.

BACA JUGA:  Kepala BPN Kota Depok: Junjung Tinggi Integritas dan Dedikasi!

Sekretaris BPTJ Kemenhub Dedy Cahyadi mengatakan bahwa uji coba dilakukan untuk memastikan armada yang akan beroperasi, perangkat IT, bus stop/halte, rute, pramudi dan dampak sosial yang kemungkinan timbul. “Kami akan melaksanakan tes rute untuk armada yang telah siap sebagai langkah awal untuk memberitahukan kepada publik,” kata Dedy.

Kemenhub melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek memulai uji coba layanan buy the service (BTS) di Kota Depok, sebelum nantinya diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Uji coba diawali dengan sosialisasi di Kantor Wali Kota Depok yang bertujuan untuk memperkenalkan armada Biskita kepada perangkat daerah di Kota Depok dalam apel pagi rutin.

Dedy menyampaikan hasil uji coba akan dijadikan bahan evaluasi bagi BPTJ untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum secara khusus akan diluncurkan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan.

Uji coba juga dilakukan dengan mengoperasikan Biskita Trans Depok pada 1 koridor yang telah ditetapkan yaitu Terminal Margonda-LRT Harjamukti. “Kami berharap uji coba ini juga dapat dijadikan media untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Depok,”

BACA JUGA:  Plan Indonesia Gandeng Pemkot Depok Kampanyekan Anak Muda Sadar Lingkungan

“Dengan mengaspalnya Biskita diharapkan masyarakat dapat melihat secara langsung dan mengenal lebih dekat,” ujar Dedy.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818