Mengenal Basis Bilangan yang Terdapat dalam Bagian 300 Soal di Variety Show Korea University War

University War merupakan program reality show korea yang berfokus pada adu kecerdasan antara mahasiswa

DEPOKPOS – Variety show Korea University War telah menjadi salah satu program yang sangat populer di kalangan siswa di Korea Selatan bahkan Internasional.

University War merupakan program reality show korea yang berfokus pada adu kecerdasan antara mahasiswa dari berbagai universitas terkemuka di Korea Selatan.

Empat siswa bergabung dalam tim berdasarkan almamater mereka. Nama-nama universitas itu ada Seoul National University (SNU), Korea University, POSTECH, KAIST, Yonsei University, dan Harvard University.

Setiap tim akan bersaing melalui sejumlah babak. Di setiap babak, berbagai soal dan tantangan harus dipecahkan supaya tim tidak masuk kebabak deadmatch atau babak eliminasi.

Nah babak pertama yang mereka lakukan adalah mengerjakan 300 soal matematika. Babak pertama ini ramai dipebincangkan dikalangan warga net.

Tidak sedikit netizen yang mencoba mengerjakan 300 soal matematika tersebut. Banyak sekali berbagai soal-soal matematika seperti Penumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bentuk akar, pangkat, bilangan basis, bahkan factorial.

Ada bentuk soal yang menarik perhatian netizen karena soal tersebut dalam bentuk bahasa korea yaitu soal bilangan basis. Apa sih bilangan basis itu? Nah bilangan basis adalah bilangan yang menjadi dasar terbentuknya bilangan lain dalam suatu sistem bilangan.

BACA JUGA:  Nanggok Duit : Tradisi Anak Betawi Nyerog Duit Saat Lebaran

Basis bilangan untuk penulisan lambang bilangan dengan sistem posisi bisa bermacam-macam, misalnya: basis dua disebut biner, babis empat disebut quarter, basis delapan disebut oktaf, basis 10 disebut desimal, Penggunaan basis tertentu akan menentukan lambang dasar, misalnya: lambang dasar untuk basis dua yaitu 0 dan 1, lambang dasar untuk basis empat adalah 0, 1, 2 dan 3.

Bisa dikatakan untuk lambang dasar basis b adalah ( 0, 1, 2, 3, ………., b – 1). Jika ingin mencari babis 2 caranya yaitu dengan bilangan tersebut dibagi 2 dan sisa-sisanyalah yang menjadi jawabannya. Sebagai contoh misalkan kita akan mencari 83 basis 2, maka:

83 : 2 = 41 sisa 1
41 : 2 = 20 sisa 1
20 : 2 = 10 sisa 0
10 : 2 = 5 sisa 0
5 : 2 = 2 sisa 1
2 : 2 = 1 sisa 0
1 : 2 = 0 sisa 1

Jadi kita menjawabnya dari bawah atau secara terbalik , maka 83 babis 2 adalah 1010011.

Dewi Ayu Fatimah
Mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818