Mengatasi Keresahan: Strategi untuk Menemukan Ketenangan Batin

DEPOKPOS – Keresahan adalah suatu perasaan yang seringkali mengganggu, mengganggu konsentrasi, dan dapat mengurangi kualitas hidup seseorang.

Meskipun normal untuk merasa cemas sesekali, terlalu banyak keresahan dapat menjadi masalah yang serius jika dibiarkan tidak terkendali.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengatasi keresahan dan menemukan kedamaian batin:

1. Mengenal dan Menerima Emosi Anda:
Pertama-tama, penting untuk mengenali dan menerima emosi Anda, termasuk keresahan. Jangan menekan atau menyangkal perasaan tersebut, tetapi cobalah untuk memahaminya dengan lebih baik.

2. Latihan Napas dan Relaksasi:
Teknik-teknik napas dalam dan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, mengurangi tingkat stres dan keresahan.

3. Tetap Aktif secara Fisik:
Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi keresahan dengan cara melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

4. Tetap Terhubung dengan Orang Lain:
Berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental dapat memberikan dukungan emosional dan perspektif yang berguna dalam mengatasi keresahan.

BACA JUGA:  Peluang Karier di Bidang Manajemen Keuangan

5. Kelola Waktu dan Tugas dengan Baik:
Menetapkan prioritas, membuat jadwal yang terorganisir, dan belajar untuk mengatakan tidak dapat membantu mengurangi perasaan kewalahan yang dapat menyebabkan keresahan.

6. Hindari Stimulan yang Meningkatkan Keresahan:
Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan keresahan.

7. Fokus pada Hal yang Dapat Anda Kontrol:
Alihkan perhatian Anda dari hal-hal yang tidak dapat Anda kontrol ke hal-hal yang dapat Anda atur, seperti tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengatasi situasi yang menimbulkan keresahan.

8. Jaga Keseimbangan Hidup:
Pastikan Anda memiliki waktu untuk istirahat yang cukup, hobi, dan kegiatan yang menyenangkan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

9. Pertimbangkan Bantuan Profesional:
Jika keresahan Anda terus-menerus mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental yang dapat memberikan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan.

10. Praktikkan Kepedulian pada Diri Sendiri:
Ingatlah bahwa perasaan keresahan adalah hal yang normal dan alami. Jadilah lembut pada diri sendiri dan berikan diri Anda waktu dan ruang untuk menyembuhkan dan pulih.

BACA JUGA:  Pengaruh Kesetaraan dan Keadilan terhadap Penggelapan Pajak di Indonesia

Mengatasi keresahan bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi dengan adanya dukungan yang tepat dan dengan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat menemukan kedamaian batin dan kembali merasakan kesejahteraan emosional Anda.

Penulis: Putri Risqiawati

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818