Mendapatkan Keberkahan Ramadhan

Apa saja yang harus di persiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan?

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa dibukakan pintu-pintu surga dan di tutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan di belenggu di dalamnya”

DEPOKPOS – Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Tak hanya itu bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda :

قَ دْ جَاءَكُ مْ شَ هرُْ رَمَضَانَْ شَ ه رْ مُباَرَ كْ ا فترََضَْ الْلَُّ عَل يَكُ مْ صِياَمَهُْ ي فُتحَُْ فيِهِْ أ بَوَابُْ ا لجَنّةِْ وَتغَُ لْ فِيهِْ الشّياَطِينُْ فيِهِْ ل يَلَةْ خَ ي رْ مِ نْ أ لَفِْ شَ ه رْ مَ نْ حُرِ م خ ي ر ها ف ق د حُرِ م

Artinya : “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa dibukakan pintu-pintu surga dan di tutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan di belenggu di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 malam barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikan berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan dari kebaikan.”

Di dalam hadist diatas kita bisa melihat begitu istimewa dan spesial sekali bulan Ramadhan itu dimana banyak keistimewaan dan kelebihan yang hanya ada pada bulan Ramadhan tak terasa beberapa hari lagi kita sudah memasuki bulan penuh berkah ini, lalu apa saja yang harus di persiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan?

Dimulai dari berpuasa di bulan Sya’ban, dengan itu kita bisa berlatih sebelum berpuasa penuh di bulan Ramadhan sebagai bentuk akan menyambutnya bulan Ramadhan.

Tak hanya itu hal yang harus dipersiapkan ketika menjelang bulan Ramadhan adalah kita harus sudah menyelesaikan tanggungan/hutang puasa qadha Ramadhan tahun sebelumnya bila ada yang memiliki tanggungan. Sehingga ketika bulan Ramadhan datang kita sudah terbebas dari tanggungan puasa tahun lalu.

Lalu apa saja keutamaan bulan Ramadhan sehingga memiliki keistimewaan yang luar biasa di dalamnya, yaitu:

Keutamaan bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya al – Qur’an sesuai dengan Qur’an surat Al – Baqarah ayat 185, untuk itu ketika bulan Ramadhan kita disunahkan untuk memperbanyak tilawah atau tadarus al – Qur’an bisa juga dijadikan sebagai proses belajar yaitu menempatkan bacaan al – Qur’an satu orang membaca, yang lain menyimak bisa juga dengan hafalan atau dengan melihat Mushaf;

Keutamaan bulan Ramadhan adalah dibuka pintu surga ditutup pintu neraka sehingga ketika Ramadhan datang pintu syurga terbuka lebar dan pintu neraka tertutup rapat;
Keutamaan bulan Ramadhan adalah setan di belenggu sehingga ketika bulan Ramadhan tiba setan tidak bisa menggoda dan menghasut manusia untuk melakukan dosa -dosa yang sangat Allah murka;

Setiap malam pada bulan Ramadhan ada yang terlepas dari api neraka sesuai dengan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh At – Tirmidzi Ibnu Majah dishohihkan oleh Ibnu Hibban Albani;

Terdapat suatu malam yang lebih baik dari 1000 malam atau Lailatul Qadar;

Kita bisa mendapatkan kekhusyuan Qiyamul Lail, untuk memaksimalkan amal ibadah kita setelah melaksanakan sahur atau sebelum sahur, dan alangkah lebih baiknya Qiyamul Lail dilaksanakan terlebih dahulu;

Pada bulan Ramadan kita diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa sesuai syari’at;

Bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk menghapus dosa, di bulan ini kita dituntut untuk lebih giat dalam beribadah sehingga kita bisa meninggalkan dosa-dosa besar dan meningkatkan ketakwaan kita.
Tak hanya dilihat dari segi keberkahan bulannya, di dalam segi ibadah puasanya pun terdapat beberapa keutamaan.

Pertama kadar besarnya pahala hanya Allah saja yang tahu. Mungkin dari kita ada yang mengetahui bahwa ketika beribadah puasa maka pahala yang didapat akan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, bahkan bisa lebih dari pada itu.

Yang kedua keutamaan ibadah puasa adalah bahwa amal kebaikan kita yang lain bisa menjadi kafaroh atau penebus kesalahan terhadap orang lain terkecuali puasa. seperti contohnya ketika seseorang mendzalimi orang lain maka amal kebaikannya akan dilimpahkan kepada orang yang dizaliminya, kecuali ibadah puasa yang dijalaninya dan diterima oleh Allah swt. maka amal kebaikannya tidak akan dilimpahkan kepada orang yang terdzolimi karna hanya akan terhitung sebagai pahala bagi pelakunya.

Yang ketiga puasa adalah sebagai tameng, tameng dari perbuatan kotor, sia-sia ,kebodohan, serta tameng dari api neraka.

Yang keempat tidak ada yang bisa menyamai puasa . Artinya puasa adalah ibadah yang berbeda dari ibadah-ibadah lainnya, karna lebih spesifik dan lebih besar pahalanya dibanding ibadah lain.

Yang kelima bau mulut orang yang berpuasa bahkan lebih baik di sisi Allah saking harumnya, bahkan jika dibandingkan dengan keharuman misk.

Yang keenam orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika menghadap Allah.

Yang ketujuh orang yang berpuasa akan masuk surga dengan dipanggil dari pintu Ar Royyan, yang di mana pintu tersebut adalah pintu yang ketika kita memasukinya tidak akan ada kehausan dalam diri kita selamanya.

Yang ke delapan puasa bisa menghilangkan fitnah seseorang pada harta diri keluarga dan tetangganya.

Yang ke sembilan barangsiapa yang berpuasa sehari dalam keadaan berjihad di jalan Allah. Maka Allah akan haramkan wajahnya dari api neraka selama 70 tahun
yang ke sepuluh Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan yang diikuti 3 hari berpuasa tiap bulannya, maka akan hilang perasaan dengki,dendam, dan pemarah dalam dirinya.

Dari keutamaan- keutamaan yang telah disampaikan diatas masih banyak keutamaankeutamaan yang harus kita ketahui sebagai umat islam dan tentunya banyak keutamaan keutamaan yang luarbiasa yang tidak akan selesai dengan semua kata karena ibadah puasa adalah ibadah yang personal yang hanya allah dan hamba nya yang tau.

Anisa Putri Nabila