Masih Ingat Bio Paulin? Sekarang Jadi Caleg di Pemilu 2024

Bio Paulin sendiri punya latar belakang keluarga pejabat di Kamerun, Ayah Bio Paulin adalah seorang jenderal bintang tiga dari Kamerun.

Bio Paulin sendiri punya latar belakang keluarga pejabat di Kamerun, Ayah Bio Paulin adalah seorang jenderal bintang tiga dari Kamerun

JAYAPURA – Eks pemain Timnas Indonesia dan Persipura Jayapuran, Bio Paulin, ternyata tercatat sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Jayapura.

Bio Paulin jadi salah satu tokoh sepak bola yang akan bertarung di Pemilu 2024.

Beberapa tokoh sepak bola lainnya memang terjun juga ke Pemilu 2024. Bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, maju untuk menjadi anggota DPR RI. Hal yang sama juga dilakukan mantan pelatih PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro.

Mantan manajer Madura United, Haruna Soemitro, juga masuk dalam Pemilu 2024 di Dapil Jawa Timur I.Begitu juga Haruna Soemitro juga pernah menjadi anggota Exco PSSI.

Namun untuk Bio Paulin, hal ini bisa dibilang menarik karena dia adalah pemain naturalisasi keturunan Kamerun.

Bio Paulin sendiri bukanlah sosok yang asing bagi sepak bola Indonesia. Sosok kelahiran Kamerun itu adalah bagian dari sejarah era kejayaan Persipura Jayapura.

Bio Paulin pernah membawa Persipura meraih tiga gelar juara Liga Indonesia dan ISC A.

Bio Paulin pensiun dari sepak bola pada 2020 lalu dengan PSGC Ciamis sebagai klub terakhirnya. Setelah pensiun dari sepakbola, kabar Bio Paulin jarang terdengar.

Kini, Bio Paulin punya aktivitas jauh di luar sepak bola. Dia bakal ambil bagian di Pemilu 2024. Namanya tercatat sebagai salah satu caleg DPRD Kota Papua untuk daerah pemilihan (Dapil) 4 atau wilayah Abepura.

Bio Paulin memang punya hak untuk maju dalam Pemilu 2024. Sebab, Bio Paulin sudah mengantongi status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2015 lalu. Bio Paulin menjadi WNI lewat proses naturalisasi dan sudah lama tinggal di Indonesia.

Bapaknya Bio Paulin Ternyata Jenderal Bintang Tiga

Bio Paulin sendiri punya latar belakang keluarga pejabat di Kamerun. Bio Paulin pernah mengakui bahwa ayahnya bukan orang sembarangan di Kamerun. Ayah Bio Paulin adalah seorang jenderal bintang tiga dari Kamerun.

“Bapak saya dulu tentara di Kamerun, tapi ia bertugas di Prancis,” kata Bio Paulin dalam acara siniar di kanal Sport77Official.

“Ia adalah komandan pasukan dari Kamerun yang ke Prancis untuk mengajari bagaimana mereka harus berperang,” sambungnya.

“Saya dulu sempat gabung di RC Lens karena ayah dulu kan tugas di Prancis. Tapi saya hanya sekitar empat sampai enam bulan saja di sana lalu kembali ke Kamerun. Saya tak direstui (main bola). Tapi saya bersikeras akhirnya dia yang mengalah dan saya terjun ke sepak bola,” sambung dia.