Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

MAJALAH EKONOMI – Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang bersifat komfetitif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik seseorang. Olahraga merupakan bentuk ekspersi manusia dan dapat dilakukan secara individu maupun bersama-sama.

Dan tidak hanya itu aktivitas fisik telah terbukti memiliki pengaruh yang kuat dan positif terhadap kesehatan mental,selain meningkatkan daya tahan tubuh omosi positif dapat diperoleh dari berolahraga.

Di era sekarang ini banyak orang yang menjadikan olahraga sebagai sarana untuk melampiaskan perasaan seseorang, tentunya banyak dilakukan oleh kalangan anak muda. Cotohnya seperti anak muda yang sedang patah hati 5\10 dari merek pasti melakukan olahraga untuk mengelola emosi mereka.

Hubungan antara olahraga dan beban kesehatan mental ditemukan pada semua umur, genre, ras dan tingkat pendapatan. Olahraga tida hanya untuk kesehatan mental saja, umumnya oarang-orang melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh mereka dan meningkatkan kualitas hidup.

Aktivitas-signifikan terhadap kesehatan mental dengan meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, dan ketenangan.

BACA JUGA:  Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Stunting

Olahraga mengeluarkan hormon endorfin, memperbaiki suasana hati melalu rasa pencapaian, meningkatkan fungsi otak dan bahkan memperbaiki kualitas tidur. Konsistemn dan komitmen dalam berolahraga merupakan salah satu kunci dalam mencapai tujuan kesehatan yang diinginkan.

Kesimpulanya olahraga memiliki manfaat yang luas dan bermanfaat bagi kesehatan mental. Olahraga dapat membantu meringankan gejala pengidap gangguan kecemasan dan depresi, meningkatkan kesehatan emosi, serta mencegah timbulnya gejala ganguan mental, oleh karna itu olahraga sangat di anjurkan sebagai bagian dari gaya hidup seimbang dan sehat.

Aina Al Pabriana
Mahasiswa Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818