Mahasiswa UI Bawa Pulang Medali Emas Kejuaran Taekwondo Nasional

DEPOK – Farhan Zakky Rahmatillah, mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) berhasil membawa pulang medali emas dari kejuaraan taekwondo tingkat nasional “Prabu Taekwondo Challenge.” Ia menjuarai kategori Kyorugi Under 58-Male, menyingkirkan 20 peserta lainnya. Kejuaraan ini diselenggarakan di GOR Indoor Stadion Bonang (Venue Prapon), Tangerang, Banten, diikuti 1.500 peserta.

Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, mengatakan bahwa Vokasi UI selalu mendukung seluruh kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa. Berbagai prestasi di bidang pendidikan, seni, olahraga, dan lainnya menjadi suatu hal yang membanggakan. “Saya memberikan apresiasi terhadap Farhan yang sudah berhasil membawa pulang prestasi yang gemilang. Semoga Farhan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya yang memiliki bakat di bidang apa pun,” katanya.

Kejuaraan Prabu Taekwondo Challenge adalah kompetisi open tingkat nasional yang diikuti perwakilan lebih dari lima provinsi. Kejuaraan ini bukan hanya untuk mahasiswa saja, melainkan juga bagi peserta dari penjuru Indonesia. Ajang tersebut diadakan oleh Pengurus Daerah Taekwondo Indonesia Provinsi Banten dan Club Prabu Taekwondo Team.

BACA JUGA:  FTUI Bangun Gedung Baru IDE, Digadang jadi Rumah Pekerja Teknik di Masa Depan

Farhan menjelaskan bahwa persiapan untuk mengikuti kejuaraan yang diadakan pada 1-3 Maret 2024 ini, hanya kurang dari dua minggu. Tetapi, Farhan melakukan latihan secara maksimal dan mengatur berbagai jadwal demi meraih posisi pertama. Ia bertanding sebanyak empat kali dengan memenangkan dua babak terlebih dahulu untuk mencapai podium, sehingga Farhan berhasil memenangkan seluruh babak Knock-Out hingga akhir.

Tujuan awal Farhan mengikuti kejuaraan tersebut adalah mengharumkan nama prodi, Vokasi, serta UI. Ia ingin meningkatkan kemampuannya dan berkontribusi secara positif untuk UI. Farhan mengatakan, “Saya sangat bangga dapat membawa nama UI menjadi lebih baik. Prestasi ini merupakan prestasi pertama saya sejak mengemban pendidikan di kampus ini. Ke depannya, saya akan terus mengukir berbagai prestasi lebih banyak lagi.”

Farhan sudah menggeluti olahraga taekwondo sejak duduk di bangku SMP. Berbekal motivasi untuk pertahanan diri, Farhan berhasil meraih berbagai prestasi dari olahraga tersebut. Sebagai mahasiswa, Farhan juga turut aktif di beberapa organisasi kampus, salah satunya adalah himpunan mahasiswa dan saat ini Farhan menjabat sebagai Ketua Himpunan Vokasi Akuntansi.

BACA JUGA:  Kolaborasi Mahasiswa UI dan Rumah Zakat di Desa Berdaya Ratu Jaya

Menurutnya, di samping ketekunan menjalankan perkuliahan di kelas, perlu adanya keseimbangan di bidang nonakademik, baik melalui partisipasi dalam berbagai perlombaan, organisasi, maupun volunteer. “Sebagai seorang pemimpin, tentu saya sadar bahwa saya harus menjadi contoh positif bagi teman-teman lainnya. Saya yakin teman-teman mahasiswa lain juga dapat berprestasi di bidangnya masing-masing,” kata Farhan.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818