Literasi Komunikasi untuk Saling Berinteraksi Melalui Seni

DEPOKPOS – Seni sebagai sarana penyampaian pesan memiliki beberapa fungsi yang signifikan dalam proses komunikasi.

Pertama, seni dapat memunculkan daya tarik pada pesan yang ingin disampaikan, membuat informasi lebih menarik dan berkesan bagi penerima pesan.

Kedua, seni dapat berfungsi sebagai alat kontrol sosial.

Ketiga, seni dapat berperan dalam pendidikan, bisnis, dan dunia seni, serta memengaruhi indra manusia, seperti penglihatan, peraba, atau kombinasi, untuk merangsang pikiran, perasaan, minat, perhatian, persetujuan, penolakan, dan pengetahuan.

– Seni Tari

Seni tari adalah bentuk ekspresi gerak yang digunakan untuk menyampaikan pesan, emosi, cerita, atau konsep melalui koreografi dan penampilan fisik.

Tari Saman berasal dari suku Gayo di Aceh dan biasanya ditampilkan untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam adat masyarakat Gayo. Tari Saman digunakan sebagai media dakwah untuk menyebarkan ajaran Islam.

– Seni musik

Seni musik merupakan bentuk seni yang menggunakan suara sebagai media utama untuk menyampaikan pesan, emosi, dan cerita .

Salah satu seni musik  yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan adalah rampak gendang yang berasal dari jawa barat , melodi dari alat musik tersebut yang di mainkan penuh emosi yang dalam memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan emosi dapat membangkitkan semangat pendengar.

BACA JUGA:  Insecure Boleh, Tapi Jangan Terlalu Terobsesi dengan Diri Sendiri

– Seni Lukis

Seni lukis merupakan bentuk ekspresi visual yang di gunakan untuk menyampaikan pesan, emosi, dan cerita melalui penggunaan media kanvas, cat, pensil, dan alat lukis lainnya.

Penyampaian pesan dalam seni lukis bisa melalui warna yang cerah atau gelap dan simbol-simbol ataupun lukisan yang teratur atau kacau dapat mengungkapkan berbagai macam emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, kegelisahan, atau kebingungan.

– Seni Puisi

Seni puisi adalah bentuk sastra yang menggunakan bahasa dengan cara yang sangat terstruktur dan estetis untuk menyampaikan pesan, emosi, dan gagasan.

Melalui pilihan kata kreatif dan menarik yang bisa menciptakan suasana atau membangkitkan emosi untuk pendengar, ritme dalam penyampaian puisi yang dibuat, rima , dan gaya bahasa yang lebih mudah di pahami.

Muamalah Julianti
Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818