Liburan Produktif: Ragam Kegiatan Mengatasi Rasa Malas

Dari Ibnu Abbas, dia berkata : Rasululloh SAW bersabda yang artinya: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya yaitu kesehatan dan waktu luang”. ( HR Bukhori, no 5933).

DEPOKPOS – Berdasarkan hadits di atas, dua kenikmatan yang Allah berikan kepada kita, namun sering kita abaikan begitu saja, yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang, disadar atau tidak kedua kenikmatan ini sering kita tidak sadari, tanpa nikmat sehat kita akan terganggu dalam menjalankan aktivitas dan rutinitas sehari-hari serta merasa ada hal yang tidak mengenakan.

Maka dari itu sudah sepantasnya kita bersyukur atas nikmat sehat yang sudah Allah berikan kepada kita, dengan cara memanfaatkan kesehatan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam kebaikan.

Kegiatan yang bermanfaat ini, salah satunya tergambar dari nikmat liburan, dalam liburan ini, kita memiliki banyak waktu luang di tengah-tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

Berbicara liburan tentu suatu hal yang dinantikan dan sudah tidak saling lagi mendengar kata tersebut, liburan menjadi momen yang sangat di tunggu oleh kebanyakan orang tak terkecuali oleh mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, mahasiswa selalu sibuk dengan segala aktivitas sehari-hari.

Kuliah, tugas, laporan, praktik lapangan, organisasi dan lain sebagainya. Setelah melewati kesibukan itu, badan dan fikiran kita perlu untuk di segarkan kembali, walaupun beberapa kegiatan masih dibatasi karena terhalang oleh pandemi yang benar-benar belum hilang secara keseluruhan dimuka bumi ini.

Ketika liburan telah tiba, rasa malas pun menghampiri, setelah libuaran ini usai, maka akan ada banyak aktivitas dan rutinitas yang dilakukan lebih dari sebelumnya.

Ini yang menjadikan waktu liburan yang seharusnya dilakukan dengan hal-hal positif, kegiatan yang bermanfaat terbuang dengan sia-sia tanpa adanya kesan yang menarik, untuk kita jadikan momen liburan ini menjadi momen yang berharga.

Karena waktu liburan adalah waktu tepat untuk digunakan untuk kegiatan produktif, kegiatan produktif tidak hanya bisa dilakukan disaat liburan saja, namun bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Tetapi memang di momen liburan ini lah yang paling tepat, maka dari itu bila ada kegiatan yang bermanfaat mengapa harus rebahan seharian tanpa melakukan aktivitas apa-apa jika kemalasan bisa kita lawan

Di saat liburan ada banyak hal produktif yang bisa dilakukan untuk menambah semangat dan menghindari rasa malas bergerak.

Apalagi anak muda yang suka healing, traveling dan suka hal-hal yang baru, hal-hal tersebut haruslah dibarengi dengan kegiatan yang bermanfaat, jika seimbang akan menimbulkan kebaikan.

Banyak yang bisa kita dilakukan ketika liburan, baik bagi yang suka liburan keluar rumah maupun yang liburan dirumah saja, ada beberap kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan jika tidak pergi healing ataupun traveling, antara lain :

1. Membantu orang tua, dimulai dari hal sederhana namun bermakna selain mendapat pahal juga bisa membuat hati orang tua kita senang, bisa saling memperberat kekeluargaan, saling cerita, bisa lebih mendekatkan kita dengan orang tua, karena tidak jarang dari kita terhadap orang tua sendiri tidak ada keterbukaan satu sama lain, ini momen yang harus di abadikan, di sisi lain membuat pekerjaan orang tua makin ringan, kewajiban kita untuk membantu pekerjaan rumah ini salah satu bentuk bakti kita terhadap orang tua.

2. Belajar kemampuan baru, di era digital sekarang mudahnya mengakses informasi dan mempelajari hal baru. Kemampuannya yang kita punya harus terus dikembangkan sehingga tidak tertinggal jauh, saran yang sangat mudah diakses melalui internet dapat kita manfaatkan sebagai sarana mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan diri.

3. Mengikuti kegiatan sosial, bisa dilakukan dengan meningkatkan rasa sosialisasi terhadap masyarakat dan ikut dalam bakti-bakti sosial sehingga menambah pengalaman agar nantinya siap menghadapi tantangan dalam bermasyarakat di masa depan.

Tak selamanya aktivitas liburan di isi dengan bermain, yang terpenting adalah makna liburan tersebut sehingga fisik dan fikiran kita siap untuk menjalani aktivitas-aktivitas seusai liburan.

Siti Kholifah