Komeng Ungkap Alasan Nyalon DPD hingga Pasang Foto Nyeleneh

Komeng ternyata punya misi tersendiri untuk mewujudkan aspirasi seniman Indonesia

Komeng ternyata punya misi tersendiri untuk mewujudkan aspirasi seniman Indonesia

DEPOKPOS – Komeng mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD dapil Jawa Barat dengan nomor urut 10 dan lewat jalur independen.

Dalam pencalonannya ini, komedian yang punya banyak penggemar ini ternyata punya misi tersendiri untuk mewujudkan aspirasi seniman Indonesia.

“Saya bisa mencontoh dari negara Korea Selatan. Dengan seni budayanya, dia bisa mengalahkan negara-negara lain lewat seni budaya, drakor (drama Korea), K-pop, dan kulinernya juga,” ungkap Komeng.

“Bahkan, pemasukan ke APBN negaranya hampir 12 digit,” tegasnya.

Komeng juga menjelaskan terkait fotonya yang dianggap nyeleneh di surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Jawa Barat dan menjadi viral di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2) kemarin.

Komeng menyebut bahwa KPU memberikan saran kepadanya agar memakai pakaian ciri khas atau pakaian adat.

Namun, nyatanya Komeng lebih memilih untuk memberikan foto yang menunjukkan wajahnya dengan ekspresi yang kocak. Untungnya KPU tetap menerima foto yang diserahkan Komeng.

“Soal foto, waktu itu KPU minta foto buat kertas suara. KPU, sih, menyarankan pakai pakaian ciri khas masing-masing atau pakaian adat, katanya,” kata Komeng, dilansir dari Antara, Rabu (14/2).

Komeng mengaku ragu apakah foto nyelenehnya itu bakal diterima oleh KPU atau tidak. Alasan dia memberikan foto itu pun hanya karena ingin terlihat berbeda dari calon anggota DPD lainnya.

“Terus saya bilang, ‘Boleh enggak, ya?’. ‘Boleh’. Ya sudah, berarti kalau enggak melanggar, saya kasih (foto) yang itu,” ujar Komeng menirukan pembicaraanya dengan pihak KPU saat itu.

“Cuma mau (tampil) beda saja. Saya suka yang tidak pasaran, mulai dari gaya hingga konsep melawak,” tambahnya.

Berdasarkan hasil hitung nyata atau real count KPU RI, Komeng memperoleh raihan suara tertinggi sementara dalam pemilihan calon anggota DPD dapil Jawa Barat.

Data per Kamis (15/2) pukul 08.00 WIB, Komeng telah mengantongi 8,16 persen atau 180.817 suara. Dari data sementara real count di situs resmi KPU, Komeng menempati perolehan suara tertinggi dari 53 calon lainnya.