Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

“Dari Anas dikatakan: ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab: ‘Sedekah di bulan Ramadan’.”

DEPOKPOS – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kesempatan untuk kaum Muslim berlomba-lomba dalam meraih pahala kebajikan, salah satunya bersedekah. Sedekah merupakan amalan yang sangat disukai Allah dan Rasul-Nya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut, “Dari Anas dikatakan: ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab: ‘Sedekah di bulan Ramadan’.” (HR at-Tirmidzi).

Adapun beberapa keutamaan bersedekah di bulan suci Ramadan, di antaranya: Pertama, meningkatkan rasa syukur. Sedekah di bulan Ramadhan meningkatkan syukur dan melatih rasa empati terhadap sesama. Ketika seseorang berbagi kepada mereka yang membutuhkan, maka ia akan lebih memahami kesulitan dan penderitaan yang mereka alami. Ini dapat menggugah rasa syukur atas kelebihan rezeki yang diberikah Allah pada kita.

Kedua, menjadi penghapus dosa. Sedekah memiliki manfaat menghapus dosa-dosa kecil kita di masa lalu. Dalam HR. At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Ketiga, pahala berlipat ganda. “Barang siapa yang pada bulan itu (Ramadhan) mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, maka nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhari-Muslim).

Keempat, pembuka pintu rezeki dan kebaikan. Saat melakukan kebaikan, biasanya akan menghasilkan kebaikan lainnya. Nah, untuk itulah bersedekah saat Ramadhan dapat membuka pintu kebaikan lainnya, baik di dunia maupun di akhirat.

Kelima, menjadikan harta lebih berkah. Keutamaan lainnya dari sedekah di bulan Ramadan adalah membuat harta menjadi semakin berkah tanpa mengurangi harta kita. Sebagaimana yang disampaikanhadits berikut, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim).

Keenam, mendapat naungan/syafaat di hari akhir. Sedekah pada bulan Ramadhan akan berpotensi memberikan kita naungan di hari akhir. “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan salat saat kebanyakan manusia tidur” (HR at-Tirmidzi no.1984).

Sebenarnya ada banyak jenis sedekah yang dilakukan saat Ramadan. Seperti berbagi takjil Ramadan ke mushola, masjid atau musafir, berbagi makanan sahur ke mushola/masjid/musafir, menyisihkan uang untuk kotak amal mushola/masjid saat tarawih, sedekah online dengan menshare postingan bermanfaat seperti siroh puasa, keutamaan Ramadan, dan lain-lainnya. Beberapa sedekah yang bisa dilakukan selama Ramadhan tidak harus mahal namun diniatkan berbagi kebaikan insyaAllah berkah.[]

Oleh: Mega Marlina,S.P., Aktivis Muslimah di Depok