Oase  

Ingin Dimudahkan Segala Urusan? Amalkan Do’a Ini

Allah Swt. menyukai jika para hamba-Nya memperbanyak berdoa dan meminta kepada-Nya

Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar Allah Swt. memudahkan segala urusan dalam kehidupan kita

DEPOKPOS – Setiap orang pasti memiliki urusan dalam hidupnya. Dan tentunya urusannya berbeda-beda. Ada yang memiliki urusan dalam hal pekerjaan, jodoh, urusan domestik rumah tangga, menuntut ilmu, kesehatan, dan lain sebagainya.

Nah, agar urusan dalam hidup ini berjalan sesuai rencana, maka selain berikhtiar secara maksimal perlu juga meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam berdoa.

Allah Swt. menyukai jika para hamba-Nya memperbanyak berdoa dan meminta kepada-Nya. Termasuk orang yang sombong jika seorang muslim enggan untuk berdoa kepada-Nya. Maka perbanyaklah berdoa, termasuk doa agar dimudahkan dalam segala urusan.

Allah Swt. berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (Q.S. Ghafir: 60).

Doa Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan

Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan agar Allah Swt. memudahkan segala urusan dalam kehidupan kita. Berikut beberapa doanya:

BACA JUGA:  Hijab Syar'i: Antara Trend dan Makna

1. Doa dari Nabi Muhammad saw.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik r.a., Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya untuk dipermudah segala urusannya oleh Allah Swt. Ini doanya:

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

2. Doa dari Nabi Musa a.s.

Di dalam Al-Qur’an surah Thaha ayat 25-28, diabadikan doa dari Nabi Musa a.s. agar Allah Swt. memudahkan urusan. Ini doanya:

Rabbish-rohli shodrii, wa yassir-lii amri, wahlul ‘uqdatammin-lisaani, yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

3. Doa dalam Surah Al-Kahfi

Selain itu, ada pula doa yang diabadikan dalam surah Al-Kahfi ayat 10 berikut ini:

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.”

BACA JUGA:  Pendidikan Anak pada Masa Khulafaur Rasyidin

4. Doa dalam Hadis Riwayat At-Tirmidzi

Rasulullah saw. juga mengajarkan umat-Nya untuk berdoa memohon kelancaran urusan. Doa tersebut ada dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi berikut ini:

Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya’ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata ‘ainin abadan.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Sahabat, itulah beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar memperoleh kemudahan dalam segala urusan. Doa-doa tersebut bisa dipanjatkan selepas mengerjakan salat, di waktu-waktu mustajabnya doa, atau bisa juga dipanjatkan kapan saja.

Jangan lupa iringi doa dan ikhtiar dengan bersedekah. Semoga dengan bersedekah Allah Swt. pun meridai urusan kita dan membuat hidup kita lebih berkah dan bahagia.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818