Indonesia Alami Tren Peningkatan Perjalanan Komuter

DEPOKPOS – Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari BEAM Mobility, perusahaan mobilitas mikro berbagi terbesar di Asia Pasifik menunjukkan peningkatan perjalanan komuter armada BEAM Mobility di Indonesia, secara khusus pada hari kerja.

Pada hari kerja dari bulan Januari hingga Maret 2024, Beam Mobility telah melayani 30.233 trip komuter di area Bintaro dengan kenaikan rata-rata 5.53% per bulannya dan 14.917 trip di Alam Sutera.

Country Lead Beam Mobility Indonesia, Ricky Sjofyan mengatakan, “Beam Mobility terus berupaya untuk menyediakan layanan mikromobilitas yang terjangkau dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia. Menurut catatan sistem kami, sejak bulan Agustus 2023 sudah terjadi tren peningkatan trip komuter, bahkan pada bulan Desember 2023 di Bintaro tercatat hingga 2.000 perjalanan komuter pada hari kerja.“

“Hal ini juga menggambarkan bahwa pasar komuter di kawasan Bintaro dan Alam Sutera berkembang cukup pesat dalam beberapa bulan terakhir ini. Dan kami sedari awal sudah berkomitmen untuk mendukung aktivitas para komuter melalui layanan armada sepeda listrik kami.” Ungkapnya.

BACA JUGA:  Penerapan "Shariah Governance Framework" pada Bank Syariah di Pakistan

“Secara spesifik kami melihat peningkatan perjalanan dengan armada Beam Mobility pada kawasan pemukiman mandiri Bintaro, khususnya pada area perkantoran dan stasiun kereta. Berdasarkan data operasional penggunaan armada Beam Mobility, perjalanan dari stasiun Pondok Ranji Baru dan stasiun Jurang Mangu menjadi salah satu kontributor yang signifikan bagi jumlah perjalanan komuter di Bintaro dengan 4.157 perjalanan dari 4 titik parkir saja, disusul dengan perjalanan yang dilakukan dari beberapa area apartemen di Bintaro, sebanyak 1.702 dari 5 titik parkir.”

“Dan tren penggunaan layanan mikromobilitas bagi para komuter ini sebenarnya merupakan tren global, dimana secara layanan Beam Mobility seperti di Korea Selatan dan Australia serta Selandia Baru didominasi oleh para komuter,” tambah Ricky.

Ika Siswanti, Salah Satu Warga Bintaro yang Juga Pengguna Setia Layanan Beam Mobility mengungkapkan “Alasan utama mengapa saya setia menggunakan layanan Beam Mobilty, adalah sebagai sebagai pengguna Commuter Line setiap harinya, saya membutuhkan moda transportasi yang cepat serta efisien dalam hal biaya untuk menuju ke stasiun kereta terdekat, dan hingga detik ini armada Beam Mobility selalu memenuhi ekspektasi saya.

BACA JUGA:  Ekonomi dan Bisnis

Beam Mobility juga telah menjadi armada pilihan dibanding moda transportasi lain ketika menjelajah area Bintaro. Berbagai destinasi di sekitar Bintaro sangat mudah dicapai tanpa harus merasa khawatir akan biaya perjalanan yang membengkak. Ini benar-benar memberikan kenyamanan dan kebebasan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari saya.”

Selama tahun 2023, penggunaan armada Beam Mobility telah berhasil menghindarkan 238-ton CO2 jika dibandingkan dengan emisi CO2 yang dihasilkan unit sepeda motor, data ini diperoleh melalui perhitungan default dari layanan Beam secara real time di 7 area, sehingga didapatkan jumlah trip, unit yang digunakan serta waktu penggunaan.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818