Hitung Peluang Timnas Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Indonesia masih menjaga asa untuk tetap lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023

DEPOKPOS – Timnas Indonesia masih menjaga asa untuk tetap lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023, walau kalah dari Jepang pada matchday ketiga Grup D.

Pasukan Shin Tae-yong akan memainkan laga lawan Jepang pada hari Rabu (24/1/2024) malam WIB. Skuad Garuda saat ini berada di posisi ketiga klasemen Grup D, dengan tiga poin dari dua laga yang dimainkan.

Ada tiga skenario bagi Indonesia untuk bisa lolos ke babak 16 Besar, namun satu jalan sudah tertutup, menjadi juara Grup D. Jalan itu sudah direbut Irak. Kini, tersisa dua jalan yakni runner-up dan jadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Dua jalan tersebut yang akan diperjuangkan Pratama Arhan dan kolega saat berhadapan dengan Jepang. Masalah, Jepang tak akan bermain santai atau menurunkan lapis kedua karena mereka juga butuh poin untuk bisa lolos ke babak 16 Besar karena kalah dari Irak pada matchday kedua.

Lalu, bagaimana skenario Timnas Indonesia lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023?

Skenario 1: Menang Lawan Jepang

Di atas kertas, ini adalah skenario ‘Mission Impossible’ untuk diwujudkan meski apa pun bisa terjadi dalam 90 menit pertandingan sepak bola. Sebagai contoh adalah kemenangan Arab Saudi atas Argentina pada piala dunia lalu.

Kemenangan atas Jepang bisa membawa Timnas Indonesia meraih enam poin. Indonesia akan menjadi runner-up Grup D apapun hasil yang didapat Iran saat berhadapan dengan Vietnam, Indonesia akan lolos ke babak 16 Besar.

Dan, sebagai runner-up Grup D, Indonesia akan berhadapan dengan antara Korea Selatan, Bahrain, dan Yordania.

Skenario 2: Imbang Lawan Jepang

Meski tetap berat, hasil imbang lawan Jepang menjadi target yang realistis bagi Indonesia. Namun, dengan masing-masing tim punya tambahan satu poin, Jepang akan lolos babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Sebab, berdasar regulasi klasemen yang berlaku, jika dua tim poinnya sama, kriteria tim akan dinilai dari head to head dan gol yang dicetak. Nah, dalah hal ini Jepang unggul dari Indonesia.

Jepang sudah bikin lima gol dari dua laga Piala Asia 2023. Sedangkan, Indonesia baru bikin dua. Indonesia akan berada di posisi ketiga klasemen Grup D.

Namun, empat poin ini sangat kemungkinan untuk memenangi persaingan di klasemen peringkat tiga terbaik.

Skenario 3: Kalah Lawan Jepang dengan Skor Tipis

Di atas kertas, ini adalah skenario yang paling mungkin dihadapi Indonesia. Sebab, walau hanya butuh hasil imbang, Jepang telah bertekad untuk bisa menang lawan Timnas Indonesia.

Jika kalah dari Jepang, Indonesia tetap berada di posisi tiga klasemen Grup D. Sebab, andai Vietnam menang, mereka tak bisa melewati posisi Indonesia karena kalah head to head.

Dengan tiga poin, Indonesia akan bersaing dengan tim peringkat tiga lain. Peluang Indonesia lolos ke babak 16 Besar akan sangat tergantung pada hasil grup lain dan tentu bakal ada perhitungan jumlah skor jika poin berimbang.