Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah di Townhouse

Alasan mengapa townhouse banyak digemari adalah karena harganya yang cenderung lebih terjangkau dan kualitas yang sudah terbukti baik

Townhouse yang menjadi pilihan biasanya adalah townhouse yang berkualitas dan berada di daerah pinggiran kota

DEPOKPOS – Saat ini, membeli rumah di townhouse menjadi pilihan banyak orang khususnya generasi milenial dan generasi z. Alasan mengapa townhouse banyak digemari adalah karena harganya yang cenderung lebih terjangkau dan kualitas yang sudah terbukti baik atau kerap disebut premium house.

Townhouse yang menjadi pilihan biasanya adalah townhouse yang berkualitas dan berada di daerah pinggiran kota, seperti premium house sawangan. Meski saat ini townhouse sudah sangat menjamur, tetap penting bagi kita untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membeli rumah di townhouse.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah di townhouse. Simak dengan cermat dan sampai tuntas ya.

Lokasi

Salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi townhouse itu sendiri, pastikan lokasinya strategis dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas ke tempat kerja, fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum. Lokasi yang baik dapat meningkatkan nilai properti Anda di masa depan.

Anggaran

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentukan anggaran yang Anda miliki untuk membeli townhouse. Pastikan Anda memperhitungkan tidak hanya harga pembelian rumah itu sendiri tetapi juga biaya lainnya seperti pajak properti, biaya pemeliharaan, asuransi rumah, dan biaya lain yang terkait dengan kepemilikan properti. Pastikan sudah memiliki dana yang cukup untuk menutupi semua biaya ini.

BACA JUGA:  Wajib Tahu! Ini Biaya Notaris Over Kredit Rumah

Ukuran dan Desain

Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan ukuran dan desain townhouse yang hendak dipilih. Pastikan rumah tersebut memiliki cukup ruang untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga.

Periksa dengan cermat tata letak ruangan, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Selain itu, pastikan desainnya sesuai dengan selera atau jika tidak sesuai pastikan desain tersebut mudah untuk dimodifikasi jika sewaktu-waktu diinginkan.

Fasilitas

Saat hendak membeli townhouse penting juga untuk memperhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh townhouse tersebut. Beberapa townhouse mungkin menawarkan fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain anak-anak, hingga ruang serbaguna. Pastikan fasilitas tersebut sesuai dengan gaya hidup, kebutuhan, dan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga secara menyeluruh.

Peraturan dan Restriksi

Jangan terburu-buru untuk membeli rumah di townhouse agar keputusan yang dibuat lebih memuaskan. Saat bertemu dengan pihak townhouse, pastikan untuk memeriksa semua peraturan dan restriksi yang berlaku di townhouse yang hendak Anda tinggali.

Beberapa townhouse mungkin memiliki peraturan terkait dengan pemeliharaan properti, penggunaan fasilitas, dan aturan komunitas lainnya yang perlu Anda patuhi. Penting untuk memahami dan mematuhi semua peraturan ini agar kehidupan pribadi hingga sosial menjadi lebih nyaman dan untuk menghindari masalah di kemudian hari.

BACA JUGA:  Investasi, Menyusun Pondasi Keuangan Kokoh untuk Masa Depan

Kondisi Bangunan

Tak kalah penting dengan beberapa faktor yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebelum memutuskan untuk membeli townhouse, pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi bangunan. Jangan mudah percaya atau terpengaruh dengan pihak lain yang mengatakan kondisi bangunan 100 persen bagus, sebelum Anda memeriksanya sendiri.

Periksa struktur bangunan, sistem listrik, sistem plumbing, dan segala sesuatu yang dapat memengaruhi kualitas rumah. Jika perlu, Anda juga dapat menyewa inspektur properti profesional untuk membantu menilai kondisi bangunan tersebut. Pastikan juga pihak townhouse memberikan garansi jika terjadi kerusakan di tahap awal pembelian.

Nilai Investasi

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah nilai investasi dari townhouse yang Anda pilih. Periksa tren pasar properti di daerah tersebut dan pertimbangkan potensi apresiasi nilai properti di masa depan. Tak lupa juga, pertimbangkan faktor-faktor eksternal yang dapat memengaruhi nilai properti seperti rencana pembangunan di sekitar area tersebut.

Ketujuh hal di atas sudah sepatutnya dilakukan sebelum membeli rumah di townhouse, termasuk di townhouse sawangan yang dikembangkan oleh Shila at Sawangan. Meski sudah terbukti menghadirkan rumah dengan kualitas premium, pihak Shila at Sawangan tetap terbuka jika Anda ingin melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum membeli properti di sini.

BACA JUGA:  KCIC Tambah Jadwal Perjalanan Kereta Cepat Whoosh

Tunggu apalagi? Segera kunjungi sosial media atau situs resmi Shila at Sawangan untuk informasi lebih lanjut.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818