Gelandang Crystal Palace Tertarik Bela Timnas Indonesia

Jairo Riedewald adalah seorang Gelandang Crystal Palace yang punya darah Indonesia dari neneknya, yang berasal dari Manado.

Jairo Riedewald adalah seorang Gelandang Crystal Palace yang punya darah Indonesia dari neneknya, yang berasal dari Manado.

DEPOKPOS – Keinginan Jairo Riedewald membela Timnas Indonesia diucapkan mantan Anggota Ecxo PSSI, Hasani Abdulgani. Menurut Hasani, dia baru saja mendapat telepon dari nenek pemain berusia 26 tahun tersebut.

“Siapa cucunya?, tanya saya. ‘Dia sekarang bermain di Crystal Palace,’ jawab beliau. ‘Jairo Riedewald?’. Bukankah Jairo turunan Suriname? ‘Neneknya Jairo, adek saya. Kami berasal dari Manado,’ jawab beliau,” kata Hasani.

Penjelasan Hasani di atas membuka peluang bagi Riedewald untuk bisa membela Timnas Indonesia. Lantas, siapa sebenarnya sosok Riedewald dan bagaimana perjalanan kariernya?

Riedewald menjadi bagian dari tim muda Ajax Amsterdam pada 2007. Dia menjalani proses dari kelompok usia hingga promosi ke tim senior pada 2013.

Pada kelompok usia, Riedewald pernah satu tim dengan Ezra Walian yang kini bermain untuk Persib Bandung. Jadi, Riedewald juga berasal satu angkatan dengan Donny van de Beek dan Frenkie de Jong.

Pada awal musim 2017/2018, Riedewald pindah ke Crystal Palace. Dia dibeli dengan harga €9 juta. Sebelum pindah ke Palace, sempat ada kabar nama Riedewald diminati Juventus.

Musim 2020/2021 menjadi musim terbaik bagi Riedewald di Crystal Palace. Dia bermain secara reguler. Sepanjang musim, Riedewald tampil pada 33 laga Premier League. Dia hanya absen satu laga saja.

Pernah Membela Timnas Belanda

Seperti Ezra Wallian dan Donny van de Beek, Riedewald yang tampil menonjol sejak muda juga dapat panggilan dari Timnas Belanda pada level usia.

Riedewald rutin membela Timnas Belanda mulai dari level usia U-15 hingga U-21. Pada 2017 lalu, Riedewald masuk dalam skuad Belanda untuk bermain di Euro U-17 di Polandia.

Selain pada level usia, Riedewald juga pernah bermain untuk Belanda pada level senior. Pada era Danny Blind jadi pelatih Timnas Belanda, Riedewald memainkan tiga laga pada ajang Kualifikasi Euro 2016. Dari tiga laga itu, Riedewald selalu bermain sebagai pemain inti.