Dua Mahasiswa UI Juara Logo Riset Inovatif Produktif Kolaborasi Indonesia dan Singapura

DEPOKPOS – Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) borong juara dalam Sayembara Desain Logo Riset Inovatif Produktif (Rispro) untuk Program Indonesia–Nanyang Technological University Singapore Institute of Research for Sustainability and Innovation (INSPIRASI). Mereka adalah Saharuddin (mahasiswa Program Doktoral Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, sebagai Juara 1) dan Yudha Pratama Putra (mahasiswa Program Magister Kajian Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Strategik dan Global, sebagai Juara 2).

Program INSPIRASI merupakan kerja sama Indonesia dan Singapura di bidang riset mengenai perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Kolaborasi riset yang akan dijalankan selama lima tahun ini melibatkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjendiktiristek) dengan lima universitas pendiri, yakni Nanyang Technological University (NTU), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sesuai dengan tiga pilar INSPIRASI—yakni energi terbarukan, ekonomi sirkular, dan smart city— Saharuddin menciptakan logo bertema “Inovasi Ekonomi yang Terus Bertumbuh”. Menurutnya, setiap elemen yang ada pada logo memiliki makna yang sesuai dengan pilar tersebut. Pertama, lingkaran yang merupakan simbol dari circular economy. Kedua, smart city yang dilambangkan dengan dua garis hijau, bermakna bentuk bangunan kota masa depan. Ketiga, dua tangan yang menopang sebagai simbol energi yang berasal dari tubuh manusia untuk terus berinovasi.

BACA JUGA:  KAMMI Turki Gelar Pertemuan Dengan Presiden Partai Saadet dan Tokoh Gerakan Milli Görüş di Ankara, Turki

“Saya sangat bersyukur karena logo tersebut memenangkan Juara 1 dalam sayembara ini. Tentunya ini tidak mudah, karena para peserta berasal dari institusi terbaik di Indonesia yang juga memiliki ilmu dan pengalaman luar biasa. Prestasi ini saya persembahkan kepada insan keperawatan yang tiada henti memberikan inovasi untuk bangsa. Semoga ke depannya saya bisa memberikan karya yang lebih baik lagi,” ujar Saharuddin.

Yudha Pratama yang meraih juara kedua dalam sayembara ini mengatakan bahwa selama mengikuti lomba desain logo, dibutuhkan persiapan yang matang dan inspirasi untuk mengasah kreativitas. Ia harus memahami arahan yang diberikan dan tujuan pembuatan logo; serta memastikan elemen-elemen yang harus ada dalam desain. Tantangan yang paling berat adalah menyelaraskan nilai, misi, dan visi INSPIRASI dengan tren desain logo saat ini, sehingga desain yang dihasilkan unik dan orisinal.

“Menjadi salah satu pemenang sayembara logo yang membanggakan nama kampus UI adalah pencapaian yang sangat berharga. Terima kasih kepada penyelenggara dan semua pihak yang terlibat atas kesempatan ini. Pengalaman ini meningkatkan kepercayaan diri saya sebagai desainer, sekaligus memberikan inspirasi untuk terus berkarya hingga ke mancanegara,” kata Yudha yang juga merupakan pemenang sayembara logo LRT Jabodetabek tahun 2023.

BACA JUGA:  Cegah Pilot Alami Fatigue Lewat Penggunaan Frames Karya Inovasi Dosen UI

Pengumuman pemenang sayembara logo INSPIRASI ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2492/E3/KM.00/2024 tentang Pemenang Lomba Sayembara Desain INSPIRASI yang dikeluarkan Direktur Kelembagaan Ditjendiktiristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada 6 April 2024 lalu. Selain UI, sayembara juga dimenangkan oleh Bernard Redemptus Nindita Navaldi dari UGM sebagai Juara 3 dan Nila Eleora Putri Sianturi dari ITB sebagai Juara 4.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818