Dinamika Hukum Ekonomi Syariah dalam Masyarakat Modern

DEPOKPOS – Dalam era modern ini, hukum ekonomi syariah mengalami berbagai dinamika yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Dinamika ini mencakup perkembangan hukum, regulasi, dan praktek ekonomi syariah dalam masyarakat.

=> Faktor Internal
Dinamika internal dalam hukum ekonomi syariah sebagian besar ditentukan oleh dinamika sosial-budaya umat Islam itu sendiri. Misalnya, partai politik yang berorientasi Islam di parlemen, serta fluktuasi dalam hubungan antara umat Islam dan negara, mempengaruhi bagaimana hukum ekonomi syariah diterapkan dan berkembang.

=> Faktor Eksternal
Di sisi lain, faktor eksternal seperti globalisasi juga mempengaruhi dinamika hukum ekonomi syariah. Globalisasi dapat dianggap sebagai sarana terbaik bagi umat Islam untuk memperkenalkan budaya dan ajaran Islam ke seluruh dunia. Namun, tantangan ekonomi syariah muncul ketika banyak negara yang mayoritas penduduknya Muslim cenderung menggunakan sistem kapitalis.

=> Regulasi Ekonomi Syariah
Keberadaan regulasi ekonomi syariah dalam tata hukum Indonesia diwarnai oleh dinamika hukum. Latar belakang penataan regulasi ekonomi syariah di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk sejarah, politik, dan kebutuhan masyarakat.

Dinamika hukum ekonomi syariah dalam masyarakat modern adalah fenomena yang kompleks dan multifaset. Untuk memahaminya, kita perlu melihat berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik dari dalam maupun luar umat Islam. Dengan pemahaman ini, kita dapat lebih baik dalam merespons dan beradaptasi dengan dinamika ini, dan semoga dapat membantu dalam memajukan ekonomi syariah.

Fitri Nurlisani
Mahasiswi : Stei Sebi Depok