BCA Syariah Tawarkan Pembiayaan Murabahah Emas di BCA Expoversary 2024

MAJALAH EKONOMI – Turut memeriahkan HUT ke-67 BCA, PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) hadir di BCA Expoversary 2024, ICE BSD, Tangerang (02/03/24) sebagai solusi kebutuhan perbankan syariah untuk nasabah BCA dan masyarakat melalui ragam solusi pembiayaan konsumer seperti pembiayaan Emas iB (Islamic Bank), KPR iB, dan KKB iB.

Pada kesempatan sesi bincang-bincang dengan insan media di mini studio BCA Expoversary, Kepala Satuan Kerja Bisnis Ritel dan Konsumer BCA Syariah Bukit Mas Siahaan, memberikan edukasi kepada media mengenai produk pembiayaan konsumer BCA Syariah dan pentingnya memulai investasi emas atau logam mulia, sebagai alternatif instrumen investasi jangka panjang dengan likuiditas yang tinggi.

Menangkap kebutuhan masyarakat akan produk investasi yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi, BCA Syariah menawarkan produk pembiayaan Emas iB. Emas iB merupakan produk pembiayaan dari BCA Syariah untuk kepemilikan logam mulia (emas) dengan akad jual beli/murabahah. Keunggulan investasi pembiayaan Emas iB antara lain: aman, karena jenis emas yang dibiayai adalah logam mulia Antam dan disimpan dengan aman di BCA Syariah hingga akhir pembiayaan; angsuran tetap yang dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan; dan kemudahan proses pengajuan pembiayaan dengan same day approval.

BACA JUGA:  Meningkatkan Model Kompetensi Auditor Syariah di Bank Syariah

Dalam edukasi yang disampaikan, Bukit Mas Siahan menyampaikan perbedaan dari skema pembiayaan emas dan menabung emas. Ia menyampaikan bahwa pada skema pembiayaan, emas dibeli dengan jumlah, harga dan jangka waktu yang pasti karena sudah disepakati sejak awal pembiayaan hingga jatuh tempo. Sementara pada skema menabung emas, jumlah emas yang dimiliki disesuaikan dengan saldo yang dititipkan, nilai emas mengikuti harga pasar sehingga berpotensi menyebabkan ketidakpastian anggaran investasi yang harus disisihkan untuk kepemilikan logam mulia.

Melalui skema pembiayaan, kepemilikan emas akan lebih mudah dan aman. Nasabah dapat menyesuaikan jumlah emas yang diinginkan. Bebas dari rasa khawatir dengan kenaikan harga emas di masa mendatang karena angsuran yang tetap hingga jangka waktu pembiayaan berakhir. Bukit menambahkan, “Pembiayaan emas akan menimbulkan habit disiplin menabung dan dapat menjadi solusi untuk perencanaan keuangan generasi muda,” kata Bukit.

Pada BCA Expoversary kali ini, BCA Syariah menawarkan solusi kemudahan untuk kepemilikan logam mulia Antam mulai dari 10gram dengan angsuran mulai dari Rp200 ribuan, dengan jangka waktu pembiayaan mulai 1 sampai 5 tahun. BCA Syariah juga menghadirkan promo DP 10% dan same day approval untuk kepastian persetujuan pembiayaan.

BACA JUGA:  Peran Hedging Syariah di indonesia

Meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi melalui pembiayaan Emas iB terlihat pada nominal portofolio pembiayaan Emas iB yang tumbuh 27,8% secara tahunan (Year on Year/YoY) di akhir Desember 2023. Dilihat dari sisi jumlah account, pembiayaan Emas iB cukup digemari tercermin dari pertumbuhannya yang signifikan sebesar 53,5% YoY mencapai 3.781 account per Desember 2023.

Nasabah pembiayaan emas di BCA Syariah mayoritas berada di rentang usia 25-50 tahun menunjukkan bahwa pembiayaan Emas iB cukup digemari oleh nasabah mulai dari usia yang relatif muda yaitu 25 tahun. Hal ini sejalan dengan keunggulan dari pembiayaan Emas iB itu sendiri yang membutuhkan komitmen dana awal relatif terjangkau karena emas bisa dibeli mulai dari kepingan 10 gram, angsuran yang ringan, serta risiko yang rendah, sehingga sangat sesuai bagi generasi muda yang sedang belajar berinvestasi.

Selain itu, di BCA Expoversary 2024 kali ini, BCA Syariah kembali menghadirkan solusi pembiayaan untuk kepemilikan rumah dan kendaraan dengan pilihan margin yang menarik. BCA Syariah memberikan kepastian angsuran hingga 15 tahun untuk pembiayaan rumah melalui KPR iB dengan margin setara mulai dari 3,67% efektif per tahun.

BACA JUGA:  Menilai Efektivitas Auditor Internal Syariah: Kunci Keberlanjutan dan Pengelolaan Risiko di Bank Syariah

KPR iB BCA Syariah juga memiliki fitur untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan konsumtif dengan jaminan rumah tinggal atau ruko melalui KPR iB Refinancing. Selain itu terdapat pilihan KPR iB Take Over sebagai solusi untuk kemudahan pemindahan pembiayaan rumah dari Bank manapun ke BCA Syariah.

Sementara itu, untuk solusi pembiayaan kepemilikan mobil, BCA Syariah menghadirkan KKB iB. KKB iB dari BCA Syariah memberikan cicilan pasti dengan jangka waktu yang Panjang sampai dengan 8 tahun dengan margin mulai dari 3,13%.

Khusus bagi calon nasabah yang berprofesi sebagai karyawan, BCA Syariah memberikan kemudahan melalui sistem one day approval untuk mendapatkan kepastian hasil pengajuan pembiayaan rumah dan mobil impian tanpa perlu menunggu lama.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818