Alhamdulillah! Kisruh Akses Jalan Pesantren di Beji Temui Titik Terang

Pihak pondok pesantren dan ahli waris pemilik lahan mencapai kesepakatan untuk melakukan jual beli tanah

DEPOK – Permasalahan terkait akses jalan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Khoirur Rooziqiin di Beji, Depok, Jawa Barat, akhirnya menemukan titik terang setelah pihak pondok pesantren dan ahli waris pemilik lahan mencapai kesepakatan untuk melakukan jual beli tanah.

Camat Beji, Hendar Fradesa, mengungkapkan rasa syukurnya atas kesepakatan tersebut. Ia menyatakan bahwa polemik mengenai akses jalan yang sempat menjadi permasalahan dianggap telah terselesaikan.

Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Beji yang terdiri dari Camat, Kapolsek, Danramil, dan lurah telah melakukan mediasi antara pihak terkait pada tanggal 13 Maret 2024.

Mediasi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari pondok pesantren, ahli waris pemilik lahan, pengurus lingkungan, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Hendar menyebutkan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang meminta adanya fasilitasi pertemuan antara pihak pondok pesantren, ahli waris, dan pengurus lingkungan.

Hasil dari tanggapan para peserta pertemuan tersebut adalah kesepakatan untuk melakukan pembelian dan pemanfaatan akses jalan menuju Ponpes Khoirur Rooziqiin Beji.

Selanjutnya, pihak ahli waris dan pondok pesantren akan melanjutkan negosiasi terkait hal ini. Camat menyimpulkan bahwa tugas kecamatan untuk memfasilitasi telah selesai dan mengungkapkan kegembiraannya karena kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan pembelian lahan.

Sebelumnya, Pondok Pesantren Khoirur Rooziqiin di Depok, Jawa Barat, telah menjadi sorotan karena tidak memiliki akses jalan yang memadai.

Akses ke ponpes tersebut terbatas, namun dengan adanya kesepakatan jual beli tanah ini diharapkan masalah tersebut dapat teratasi.

Meskipun demikian, upaya pemkot Depok untuk turun tangan dalam menangani masalah akses jalan di Ponpes Khoirur Rooziqiin tetap diapresiasi sebagai langkah yang membuahkan hasil positif.