Health  

8 Bahaya Tidur di Pagi Hari

DEPOKPOS – Ketika kita melakukan aktivitas seharian tidak jarang kita ingin menikmati istirahat yang lebih. Rasanya badan masih ingin terus tidur ketika pagi sudah tiba. Tapi tahukah kamu kalau sering tidur di pagi hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh.

Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada tiga waktu, yakni tidur setelah shalat subuh sampai terbitnya matahari, tidur setelah masuknya waktu ashar, dan tidur sebelum melaksanakan shalat isya’. Sedangkan waktu tidur yang dianjurkan adalah tidur di waktu qailulah dan menjadikan malam hari sebagai waktu untuk istirahat panjang, sedangkan siang hari dijadikan waktu untuk beraktivitas dengan bekerja.

النوم بعد الصبح يذهب بركة الرزق والعمر لأن بركة هذه الأمة فى البكور وهو بعد صلاة الفجر إلى طلوع الشمس.

Artinya: Tidur setelah subuh menghilangkan berkah rezeki dan berkah umur, sebab berkahnya umat ini ada di waktu pagi, yakni waktu setelah shalat subuh sampai terbitnya matahari” (Habib Zain bin Smith, Fawaid al-Mukhtarah, halaman 590). tidur setelah masuk waktu ashar. Tidur pada waktu ini berisiko mengurangi daya aktif akal pelakunya. Dalam salah satu hadits dijelaskan:

مَنْ نَامَ بَعْدَ الْعَصْرِ فَاخْتُلِسَ عَقْلُهُ فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ

Artinya: Barang siapa tidur setelah waktu ashar, lalu hilang akalnya, maka jangan pernah salahkan kecuali pada dirinya sendiri (HR Ad-Dailami). Meski para ulama menghukumi hadits di atas sebagai hadits dlaif namun hadits di atas masih relevan dalam konteks fadla’il al-a’mal (perbuatan keutamaan).

Lelahnya pekerjaan yang dilakukan, kurangnya waktu tidur, atau sekadar begadang menonton televisi kerap membuat waktu tidur berkurang. Hingga tidak sedikit orang yang menjadikan tidur pagi sebagai solusi atas kurangnya waktu tidur. Sejatinya, tidur pagi dapat memicu risiko terjadinya beragam masalah kesehatan pada tubuh. Berikut adalah bahaya tidur pagi yang harus diwaspadai:

Penyakit jantung dan pembuluh darah
Kurang tidur dan sering tidur di pagi hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh.

Diabetes
Berdasarkan penelitian, risiko terkena diabetes dapat meningkat pada seseorang yang sering kurang tidur di malam hari. Risiko serupa juga dapat terjadi pada seseorang yang terlalu banyak tidur. Hal ini disebabkan karena risiko resistensi insulin dapat mengalami peningkatan pada seseorang yang mengalami gangguan tidur, sehingga seseorang yang bermasalah dalam tidurnya cenderung mengalami peningkatan kadar gula darah.

Obesitas
Seseorang yang kurang tidur hingga seseorang yang terlalu banyak tidur dapat memicu berat badan meningkat. Berdasarkan hasil studi, risiko obesitas lebih tinggi dialami oleh orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya bila dibandingkan dengan orang yang tidur selama 7 – 8 jam sehari. Seseorang yang begadang pada malam hari, nafsu makan akan meningkat hingga lebih besar kemungkinannya untuk makan lebih banyak ketika begadang.

Kanker
Seseorang yang terbiasa tidur pagi karena harus menjalani aktivitas tertentu di malam harinya memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker. Hal tersebut turut dikuatkan dengan hasil dari beberapa studi yang menjelaskan bahwa sebagian besar pasien kanker memiliki kebiasaaan begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

Sulit berpikir dan berkonsentrasi
Tidur pagi atau kurang tidur dapat menyebabkan seseorang lebih sulit untuk fokus dalam pekerjaannya dan sulit dalam memusatkan perhatian. Berdasarkan penelitian, menjelaskan bila seseorang memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang cukup dapat membantu seeorang untuk berpikir lebih jernih, mudah mendapatkan inspirasi dan mampu memecahkan masalah.

Mudah lupa
Ketika tubuh tidak mendapatkan kuantitas dan kualitas tidur yang cukup, jaringan-jaringan yang terdapat di otak akan kekurangan oksigen dan energi untuk memperbaiki jaringan tersebut, yang menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa. Hal ini disebabkan karena ketika tubuh beristirahat, tubuh akan memperbaiki jaringan-jaringannya termasuk sel-sel di otak.

Suasana hati tidak stabil
Tidur pagi dapat menyebabkan emosi menjadi tidak stabil karena kelelahan, karena kurang tidur di malam hari dalam jangka panjang dinilai dapat menyebabkan adanya perubahan pada mood hingga risiko depresi.

Nah diatas sudah menjelaskan terkait resiko kita ketika kita tidur pagi, jadi bagi kalian yang masih muda yuk mulai sekarang ubah pola hidup nya dengan pola hidup sehat. Rajin olahraga, makan-makanan yang sehat, jam tidur yang teratur, maka hidup kita akan jauh lebih terasa semangat. Yuk berubah.

Meutia Azizah