Adnan Hasyim Wibowo Jadi Wakil UI di Pemilihan Mahasiswa Bereprestasi Tingkat Nasional 2024

DEPOKPOS – Adnan Hasyim Wibowo, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Program Studi Geofisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) meraih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Utama UI Jenjang Sarjana Tahun 2024. Ia akan mewakili UI dalam ajang mahasiswa berprestasi tingkat wilayah dan nasional yang dijadwalkan dilaksanakan pada Mei hingga Juli 2024 mendatang.

“Saya sangat bersyukur karena terpilih menjadi Mapres Utama UI pada Jenjang Sarjana tahun ini. Capaian ini bukanlah akhir, melainkan awal sekaligus peluang bagi saya untuk memberikan manfaat yang lebih besar nantinya,” kata Adnan.

Ia terpilih setelah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat pada beberapa indikator, yakni gagasan kreatif, kemampuan bahasa Inggris, capaian unggulan, serta tes psikologi. Ia unggul dalam gagasan kreatifnya terkait upaya pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia. Konsep ini nantinya akan dikembangkan pada tahap seleksi tingkat wilayah.

Berbagai seleksi dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) menjadi tantangan tersendiri bagi Adnan. Pasalnya, seluruh persiapan untuk rangkaian seleksi dilakukan di sela-sela aktivitas magang dan lomba di luar kampus. “Namun, selalu ada pengalaman berharga dalam setiap kegiatan baru yang diikuti. Bertemu dengan rekan-rekan mahasiswa berprestasi dari fakultas lain bisa memberikan networking yang berharga bagi saya,” ujarnya.

BACA JUGA:  UGM dan Ciomas Adisatwa Sepakat Kembangkan Teaching Industry

Sebelumnya, Adnan berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Ia mewakili Indonesia dan mendapatkan Excellence Award pada ASEAN Geospatial Challenge 2023. Ia juga meraih Juara 1 pada Petronas Design Thinking Competition dan Juara 3 pada Youth Voice Competition yang diselenggarakan International Society of Energy Transition Studies. Selain itu, ia pernah menjadi narasumber pada Seminar Nasional Dies Natalis Politeknik Pelayaran Banten, solution provider di Asia Pacific Solution Forum, serta speaker di acara TedX UI.

Dekan FMIPA UI, Prof. Dede Djuhana, Ph.D, menyampaikan apresiasinya atas prestasi Adnan. “Selamat kepada Adnan sebagai Juara 1 Mapres Utama UI Jenjang Sarjana Tahun 2024. Prestasi ini termasuk pencapaian luar biasa bagi FMIPA UI, karena setelah tujuh tahun akhirnya FMIPA bisa kembali mewakili UI dalam ajang pilmapres di tingkat nasional. Kami sangat bersyukur atas pencapaian tersebut dan berharap Adnan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mempersembahkan Juara 1 Nasional untuk UI,” kata Prof. Dede.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818