6 Karakteristik yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Honda CR-V generasi keenam berhasil meraih penilaian tertinggi setelah melewati uji coba dan penilaian ketat yang meliputi lima kriteria

DEPOKPOS – Karakteristik wirausaha untuk menuju sukses menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh seorang wirausahawan.

Dalam berbisnis faktor keberhasilannya tidak hanya sekedar dari modal usaha yang sudah dikeluarkan tapi cara kepemimpinan seorang wirausaha untuk menjalankan sebuah bisnis.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak orang yang memulai sebuah usaha, ada yang sukses ada pula yang mengalami sebuah kegagalan. Maka dari itu, perlu memahami karakter usaha dan ternyata ada faktor lain lagi jika usaha ingin berkembang, tidak hanya sebatas modal yang utama tetapi karakteristik wirausahawan dalam memimpin sebuah bisnis juga menjadi faktor utamanya.

Karena tidak semua karakter ataupun sikap seorang wirausaha itu sama terlebih dalam menghadapi permasalahan dari internal maupun eksternal usaha.

Berikut ada 7 karakteristik wirausaha untuk menuju sukses dalam menjalankan bisnis yang harus diketahui yaitu:

1. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi.Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan kamu pertanggung jawabkan.

2. Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan harus mempunya karakter disipilin dengan begitu memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis.Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha.

3. Pantang menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis.Tentu saja, membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Sifat pantang menyerah wajib dimiliki oleh wirausahawan agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.

4. Memiliki kreativitas tanpa batas

Kreativitas salah satu karakteristik yang penting juga untuk dimiliki oleh wirausaha.Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha dapat menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk atau usaha serupa.

5. Mau bekerja keras

Selain memiliki kecerdasan, nyatanya sebagai pebisnis hal tersebut harus diiringi oleh kemauan bekerja keras juga.

6. Mandiri dan realistis

Seorang pebisnis pastinya pengen dong usahanya berkembang dengan pesat? Nah, maka dari itu kita mesti memiliki karakter wirausahawan yang mandiri dan realistis.Apalagi kita diharuskan mengambil keputusan yang cepat tanpa intervensi dari orang lain, sehingga diperlukan sifat kewirausahaan yang mandiri serta realistis.

Oleh: Indriyani
Mahasiswi STEI SEBI Depok