Health  

5 Penyebab Kanker Serviks dan Pencegahannya

Kanker serviks, juga dikenal sebagai kanker leher rahim, adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita

DEPOKPOS – Kanker serviks, juga dikenal sebagai kanker leher rahim, adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita.

Ini terjadi ketika sel-sel abnormal di leher rahim berkembang tidak terkendali. Meskipun telah ada peningkatan kesadaran akan kanker serviks dan vaksinasi HPV, masih penting untuk memahami faktor risiko yang dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ini.

Berikut adalah beberapa penyebab utama kanker serviks:

1. Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

HPV adalah penyebab utama kanker serviks. Ini adalah infeksi menular seksual yang sangat umum dan bisa menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit selama aktivitas seksual. Meskipun kebanyakan infeksi HPV akan hilang dengan sendirinya, beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan perubahan pada sel-sel leher rahim yang akhirnya dapat berkembang menjadi kanker.

2. Merokok

Merokok telah terkait dengan peningkatan risiko kanker serviks. Zat-zat beracun dalam rokok dapat merusak sel-sel leher rahim dan meningkatkan kemungkinan terjadinya perubahan genetik yang berkontribusi pada perkembangan kanker.

3. Paparan Karsinogenik Lainnya

Selain HPV dan merokok, paparan jangka panjang terhadap agen karsinogenik seperti polusi udara, radiasi, dan bahan kimia beracun juga dapat meningkatkan risiko kanker serviks.

BACA JUGA:  8 Cara Alami Merawat Rambut

4. Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari kontrasepsi hormonal, terutama pil KB, dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Namun, efek ini mungkin bersifat sementara dan bisa kembali normal setelah penghentian penggunaan.

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, baik karena kondisi medis atau penggunaan obat-obatan imunosupresif, dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi HPV yang berkelanjutan dan perkembangan kanker serviks.

Pencegahan

Meskipun faktor-faktor risiko di atas dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker serviks, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko:

– Vaksinasi HPV: Vaksin HPV adalah cara yang sangat efektif untuk melindungi diri dari infeksi HPV yang berisiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

– Pemeriksaan Pap Smear (Pap Test): Pemeriksaan Pap smear adalah tes skrining penting yang dapat mendeteksi perubahan pada sel-sel leher rahim sebelum menjadi kanker atau bahkan pada tahap awal kanker.

– Berhenti Merokok: Menghindari atau berhenti merokok dapat menurunkan risiko kanker serviks serta banyak penyakit serius lainnya.

BACA JUGA:  Memahami PTSD, Gangguan Stres Pasca Trauma

– Praktik Seks yang Aman: Menggunakan kondom saat berhubungan seks dapat membantu melindungi dari infeksi HPV dan penyakit menular seksual lainnya.

– Pemeriksaan Rutin dan Hidup Sehat: Memelihara sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan makanan sehat, olahraga teratur, dan menghindari paparan zat berbahaya dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks.

Mengenal penyebab kanker serviks dan langkah-langkah pencegahan yang efektif adalah langkah penting dalam upaya mengurangi beban penyakit ini secara global. Melalui edukasi yang tepat dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi angka insiden kanker serviks dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi wanita di seluruh dunia.

Penulis: Selly Fitri Yanti

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818