4 Bidang FTUI Raih Peringkat 1 di Indonesia dalam Pemeringkatan QS World University Rankings 2024

DEPOKPOS – Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) terus menunjukkan prestasi di tingkat internasional dengan keberhasilan menduduki peringkat 320 dunia pada subjek teknik dan teknologi dalam pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject 2024. Posisi ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni di peringkat 335 dunia.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., menyampaikan, ”Berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan QS WUR 2024, untuk broad subject engineering, FTUI menempati posisi ke-2 di Indonesia, ke-11 di Asia Tenggara, dan ke-99 Asia. Yang luar biasa, empat bidang studi di FTUI diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada QS WUR 2024 specific subject. Dua di antaranya, Teknik Kimia dan Arsitektur mempertahankan posisinya sebagai bidang studi terbaik selama dua tahun berturut-turut. Sementara Teknik Mesin dan Teknik Elektro baru tahun ini menyandang peringkat pertama.”

Keempat bidang studi FTUI yang masuk dalam studi teknik terbaik di Indonesia, di antaranya Architecture and Built Environment dengan posisi ke-1 Indonesia; ke-10 Asia Tenggara; 64 Asia; dan 151-200 dunia. Lalu, Chemical Engineering menempati posisi ke-1 Indonesia; ke-12 Asia Tenggara; 110 Asia; dan 251-300 dunia. Selanjutnya, Electrical and Electronic Engineering, yakni peringkat ke-1 Indonesia; ke-13 Asia Tenggara; 111 Asia; dan 251-300 dunia. Terakhir, bidang studi Mechanical Engineering berhasil meraih peringkat ke-1 Indonesia; ke-10 Asia Tenggara; 109 Asia; dan 301-350 dunia.

BACA JUGA:  UI Perbanyak Mitra Global, Kembangkan Kerja Sama Program Internasional dengan Korea University

“Keberhasilan empat bidang FTUI dalam meraih peringkat tertinggi di Indonesia merupakan bukti nyata dari komitmen FTUI dalam menyediakan pendidikan dan riset berkualitas tinggi. Hal ini adalah pencapaian yang membanggakan dan bersama kita perlu menjaga momentum ini serta terus memacu diri untuk mencapai prestasi yang semakin unggul dan berdampak di masa depan,” ujar Prof. Heri.

QS World University Rankings by Subject 2024 menampilkan 55 subjek individual yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, antara lain Arts & Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences & Medicine, serta Natural Sciences. Jumlah institusi yang diperingkatkan pada tahun ini adalah sebanyak 1.559 dengan 64 universitas yang baru bergabung.

Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia berdasarkan bidang ilmu ini ditentukan berdasarkan penilaian atas lima indicator, yaitu reputasi akademik, hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi, jumlah sitasi penelitian yang dicapai universitas per makalah dalam subjek tersebut (semua data kutipan bersumber dari Elsevier Scopus), ‘H-index’ yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan, dan International Research Network yang mencerminkan kemampuan lembaga untuk mendiversifikasi geografi jaringan penelitian internasional mereka dengan membangun kemitraan penelitian yang berkelanjutan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

BACA JUGA:  "Pelita Ramadan Berbagi" UI Hadirkan Kebahagiaan bagi Ratusan Anak Yatim

Informasi lebih lanjut mengenai pemeringkatan terbaru mengenai universitas-universitas di seluruh dunia berdasarkan subjek dapat ditinjau pada situs resmi QS World University Ranking 2024: https://www.topuniversities.com/subject-rankings

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di Majalah Ekonomi? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818